SKY Aviation Tutup Rute Medan-Pekanbaru

id sky aviation, tutup rute medan-pekanbaru

SKY Aviation Tutup Rute Medan-Pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau.com) - Maskapai Sky Aviation resmi menutup rute penerbangan Medan-Pekanbaru pulang pergi terhitung pada tanggal 21 April karena tidak mampu bersaing secara bisnis dengan maskapai lain yang melayani rute yang sama.

"Alasan kami menutup rute tersebut karena terlalu banyak 'airlines' yang terbang pada rute yang sama dan harga tiket yang terlalu rendah," ujar Direktur Operasional Sky Aviation Alamsyah Sinulingga, melalui pesan singkat kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Sky Aviation melayani rute Medan-Pekanbaru terhitung Senin (11/2), menggunakan armada pesawat Boeing 737 seri 300 berkapasitas 130 tempat duduk yang terdiri dari kelas bisnis dan ekonomi.

Dari Bandara Internasional Polonia Medan pukul 06.50 Wib dan dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru jam 16.40 Wib setiap hari dengan harga tiket mulai dari Rp249 ribu per penumpang.

Sebelumnya rute Medan-Pekanbaru telah dilayani oleh tiga maskapai yakni Sriwijaya Air, Lion Air dan AirAsia Indonesia. Setelah Sky Aviation masuk ke rute tersebut, Mandala Airlines pun menyusul.

Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Ibnu Hasan mengatakan, pihak Sky menghentikan rute penerbangan tersebut dengan alasan operasional.

"Namun, kini hanya terdapat empat maskapai yang terbang pada rute Pekanbaru-Medan yakni Sriwijaya, Lion, AirAsia dan Mandala yang kesemuanya terbang setiap hari," katanya.

Maka secara otomatis, lanjutnya, opersional Sky dari Pekanbaru hanya melayani empat rute penerbangan yakni Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Malaka, Pekanbaru-Tajung Pinang dan Pekanbaru-Silangit.

"Pesawat Boeing hanya dulunya digunakan untuk menerbangi Medan-Pekanbaru, kini hanya digunakan untuk menerbangi rute Pekanbaru-Batam. Sedangkan ketiga rute lainnya, menggunakan Fokker 50," ucapnya.

Saat ini Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru telah melayani delapan rute domestik yakni Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Pangkal Pinang, Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Yogyakarta, Pekanbaru-Silangit dan Pekanbaru-Padang.

Sedangkan untuk rute internasional yakni Pekanbaru-Malaka, Pekanbaru-Kuala Lumpur, Pekanbaru-Johor, Pekanbaru-Singapura dan dilayani enam maskapai.