Masih Berhutang, Pesawat Sky Aviation Ditahan

id masih berhutang, pesawat sky, aviation ditahan

Masih Berhutang, Pesawat Sky Aviation Ditahan

Batam, Kepulauan Riau, (Antarariau.com) - Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam menahan satu pesawat maskapai penerbangan Sky Aviation yang sudah berhenti terbang sejak Mei 2014 karena belum bisa menyelesaikan hutang sekitar Rp140 juta.

"Pihak yang mengaku dari Sky Aviation sudah beberapa kali datang ke Hang Nadim. Mereka minta untuk terbang memanaskan pesawat. Namun kami tolak, karena masih banyak kewajiban belum dipenuhi," kata Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam, Kamis.

Suwarso mengatakan, pihaknya hanya memberikan izin kepada pihak maskapai untuk memanaskan pesawat jenis Sukhoi SuperJet 100 di tempat tanpa bergerak ke landasan.

"Kami izinkan hanya pemanasan di tempat agar tetap dalam kondisi baik. Pesawat tidak boleh digerakkan termasuk dimundurkan apalagi sampai ke landas pacu," kata dia.

Suwarso mengatakan, kewajiban manajemen maskapai tersebut yang belum dipenuhi antara lain landing fee, biaya parkir pesawat dari sejak tidak lagi beroperasi.

"Selama itu belum diselesaikan manajemen Sky Aviation atau pihak yang mengambilalihnya, pesawat tidak boleh diterbangkan kemana-mana. Pesawat harus tetap berada di bandara," kata Suwarso.

Pada akhir Desember 2014, group perusahaan Bosowa sudah mengakuisisi penuh Sky Aviation. Mereka mneyatakan akan mengurus perpanjangan izin komersial Sky Aviation terlebih dahulu karena akan berakhir pada Maret 2015.