Camat dan Polsek Rangsang Barat siaga karhutla

id Karhutla

Camat dan Polsek Rangsang Barat siaga karhutla

Camat Rangsang Barat Wan Fakhriarmi dan Kapolsek Iptu JA Lubis saat mengecek alat pemadam kebakaran, Jumat (12/1). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan bersama Polsek Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, mulai bersiaga dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tengah musim kemarau saat ini.

Camat Rangsang Barat Wan Fakhriarmi menyampaikan, pihaknya akan terus membangun sinergitas bersama semua unsur yang ada di wilayahnya.Terutama kerjasama dari pihak kepolisian dalam menjalankan dan menangani berbagai hal, seperti karhutla.

"Terkait waspada Karhutla ini, kita minta setiap kades di Rangsang Barat siaga dan gencar mengimbau warganya agar tidak sembarangan membakar lahan. Sebab saat ini musim panas, rawan terjadi kebakaran," pesannya dalam upacara kesiapsiagaan karhutla, Jumat.

Sementara itu, Kapolsek Rangsang Barat Iptu JA Lubis, saat melakukan pengecekan peralatan pemadam kebakaran meminta kepada MPA masing-masing desa agar waspada dengan karhutla. Mengingat saat ini kondisi cuaca panas (kemarau) dan angin kencang, dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kita berharap MPA dapat bekerja ekstra dalam melakukan pencegahan karhutla di wilayah masing-masing. Sering lakukan patroli dan memberikan imbauan larangan membakar hutan kepada masyarakat," harap dia.

Selain itu, bagi kades dan MPA sekiranya menyiapkan segala peralatan pemadam, seperti mesin, kelengkapan perorangan MPA dan lain sebagainya.

\\