Waspadai Hujan Petir Bakal Kembali Landa Pekanbaru

id waspadai hujan, petir bakal, kembali landa pekanbaru

Waspadai Hujan Petir Bakal Kembali Landa Pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagian besar wilayah Kota Pekanbaru Provinsi Riau masih berpotensi dilanda hujan cukup deras disertai gemuruh petir.

"Menurut analisa cuaca untuk hari ini, sebagian besar Pekanbaru akan dilanda hujan dengan intensitas ringan namun cukup merata. Potensi hujan bisa terjadi pada sore atau malam hari," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Aristya Ardhitama di Pekanbaru, Selasa.

Sebelmnya pada Senin sore (25/3), sejumlah kawasan di Kota Pekanbaru sempat dilanda hujan disertai badai dan gemuruh petir. ANTARA memantau, pada pukul 18.25 WIB di Kecamatan Tenayan Raya beberapa pohon tumbang akibat hantaman petir.

Derasnya hujan disertai badai dan petir membuat pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor memilih berteduh di sejumlah teras pertokoan di Jalan Harapan Raya dan Bukit Barisan.

Berulang petir dan kilat terpantau menyambar sejumlah pepohonan dan tiang-tiang listrik PT PLN (Persero) dan tiang-tiang telepon PT Telkom di Jalan Bukit Barisan.

Akibatnya jaringan listrik di beberapa titik terputus. Beberapa travo yang berada di sekitar tampak mengeluarkan percikan api akibat disambar petir.

Menurut Ardhitama, kondisi demikian sangat berkemungkinan kembali terjadi mengingat kondisi cuaca yang memang mulai memasuki pergantian musim dari panas ke musim hujan.

"Pada kondisi demikian, biasanya memang kerap terjadi peristiwa-peristiwa ekstrem seperti hujan badai dan petir," katanya.

BMKG merilis, untuk prakiraan cuaca pada hari ini, dari 12 kabupaten dan kota yang ada di Riau, empat diantaranya diprediksi akan dilanda hujan dengan intensitas ringan.

Empat wilayah tersebut selain Pekanbaru, juga ada Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Kuantansingingi.

Sementara untuk Kabupaten Rokan Hulu dan Indragiri Hulu diprakirakan cerah hingga berawan, namun potensi hujan ringan tetap ada.

Untuk sejumlah wilayah lainnya seperti Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti serta Kota Dumai untuk siang hingga sore diprediksi akan cerah. ***4*** (T.KR-FZR)