BMKG minta waspadai hujan lebat disertai petir di Sumut pada 2 hari kedepan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, BMKG

BMKG minta waspadai hujan lebat disertai petir di Sumut pada 2 hari kedepan

Ilustrasi - Pengemudi becak motor (betor) menembus air yang menggenang di Jalan Denai, Medan, Sumatera Utara. (FOTO ANTARA/Kiki Cahyadi/pd/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah sebagian Lereng Timur, pegunungan, hingga Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor, genangan air, dan bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan, Sabtu.

Secara umum cuaca pada pagi hari di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Labuhanbatu, Labuhambatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas, dan Mandailing Natal.

Pada Siang dan sore hari, lanjutnya, berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sementara hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Dairi, Simalungun, Samosir, Toba, Humbamg Hasundutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Padang Sidempuan, Padang Lawas dan Labuhanbatu.

Pada Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Karo, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padang Lawas dan sekitarnya

Dini hari berpotensi hujan ringan hingga di wilayah Langkat, Deli Serdang, Medan, Binjai, Toba, Padang Lawas dan Labuhanbatu Selatan

Sementara suhu udara berada pada kisaran 16- 32 derajat Celsius, dengan kelembapan udara 65 – 98 persen, dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Banjir di Pasaman Barat, Sumbar rusak 20 hektare lahan pertanian

Baca juga: Banjir dan longsor terjadi di tiga daerah Sumatera Barat