Masyarakat padati Kebun Binatang Kasang Kulim di libur tahun baru

id Kasang kulim, kebun binatang kasang kulim, liburan tahun baru

Masyarakat padati Kebun Binatang Kasang Kulim di libur tahun baru

Pengunjung kebun binatang Kasang Kulim sedang memperhatikan seekor gajah. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Bagi pengunjung yang belum vaksin dan tak memiliki aplikasi peduli lindungi tidak bisa masuk,
Pekanbaru (ANTARA) - Kebun Binatang Kasang Kulim di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dipadati pengunjung saat libur tahun baru, Sabtu.

Selain dari Kabupaten Kampar, banyak juga pengunjung asal Kota Pekanbaru dan daerah sekitarnya yang mengisi liburan di awal 2022 ini.

Salah satu pengunjung, Triya mengatakan kebun binatang ini cukup menarik sebagai tempat hiburan anak-anak dan keluarga di masa liburan tahun baru.

"Fasilitas protokol kesehatan juga bagus. Sebelum masuk disuruh cuci tangan, cek suhu dan scan kode pedulilindungi," sebutnya.

Dia mengaku berlibur di kebun bintang ini adalah salah satu solusi menarik dan meriah sambil mengenalkan dunia satwa kepada anak-anak.

Sementara, pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim Laskar Jaya Permana menyebutkan tiap tahun pada libur tahun baru taman margasatwa ini memang kerap dipadati pengunjung, namun selama pandemi jumlah pengunjung yang datang dibatasi.

"Kapasitas penerimaan pengunjung sebetulnya 15.000 orang, namun di masa pandemi kita membataskan 5.000 pengunjung dan harus menjaga protokol kesehatan," tutur Laskar saat ditemui.

Laskar menjelaskan saat masuk pengunjung diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, cek suhu tubuh, dan menjaga jarak. Pihaknya juga menyediakan kode aplikasi pedulilindungi.

Pengunjung mengarahkan ponselnya agar tertaut pada aplikasi pedulilindungi saat hendak masuk kebun binatang Kasang Kulim. (ANTARA/Annisa Firdausi)


"Kami juga menyiapkan kode peduli lindungi untuk discan bagi yang punya aplikasi. Jika tak punya aplikasi, pengunjung bisa menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19. Bagi pengunjung yang belum vaksin dan tak memiliki aplikasi peduli lindungi tidak bisa masuk," ucapnya.

Laskar memperkirakan jumlah pengunjung yang datang mencapai puncaknya pada besok hari.

"Mungkin besok mencapai puncaknya, mengingat Senin masyarakat mulai beraktivitas dan anak-anak sudah mulai sekolah," tutupnya.

Selain melihat binatang yang ada, pengunjung juga dapat memberikan makan pada kuda, menaiki gajah, berinteraksi dengan ular dan banyak wahana lain yang dapat dinikmati.

Tiket masuk di kebun binatang tersebut sebesar Rp25 ribu untuk satu orang dewasa dan Rp20 ribu per anak.