Sekda Riau tegur OPD lamban serap anggaran

id Anggaran Sekda Riau,sekdaprov, sekda riau

Sekda Riau tegur OPD lamban serap anggaran

Sekda Provisni Riau SF Hariyanto. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau akan melakukan evaluasi terhadap realisasi APBD Riau 2021 di masing-masing OPD di lingkungan Pemprov Riau.Saat ini realisasi APBD Riau tahun 2021 masih tergolong rendah, untuk realisasi keuangan baru 60,75 persen, dan fisik 68,64 persen.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto di Pekanbaru, Kamis, mengatakan akan memanggil pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lambat dalam menyerap anggaran jelang tutup tahun 2021.

"Jumat besok akan kita kumpulkan OPD mana yang masih rendah kita pertanyakan kenapa bisa terlambat. Seharusnya mereka proaktif karena ini sudah mau di penghujung tahun," kata Sekda.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan untuk mempercepat kinerja dinas. Nantinya, masing-masing OPD yang dipanggil oleh sekda harus memaparkan mengenai kendala rendahnya serapan anggaran. Bagaimana upaya untuk menggesa serapan tersebut jelang penghujung tahun.

"Kita akan tanyakan apa langkah ke depannya, karena waktu tinggal dua bulan lagi. Kita minta pertanggungjawaban mereka untuk mempercepat," kata dia.

Diapun tak segan memberikan teguran kepada OPD yang lamban karena serapan anggaran menjadi salah satu indikator pengukur kinerja dinas.

"Ini salah satu indikator untuk kinerja masing-masing OPD. Siapa yang tidur kita tegur. Kita sudah diminta pusat untuk menggesa. Kalau duitnya di bank terus kapan masyarakat menikmati. Pemerintah pusat, Kemendagri dan gubernur meminta untuk disalurkan cepat agar masyarakat bisa menikmati," kata dia.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021