Harga Tandan Buah Segar Merangkak Untungkan Petani

id harga tandan, buah segar, merangkak untungkan petani

Harga Tandan Buah Segar Merangkak Untungkan Petani

Pekanbaru (antarariau.com) - Harga Tandan Buah Segar (HTBS) CPO Riau mengalami kenaikan sebesar Rp26,31 per kg dari harga TBS CPO minggu ini sebesar Rp1.274,85 per kg dibandingkan harga minggu lalu sebesar Rp1.248,54 per kg.

"Kenaikan tersebut disebabkan faktor internal dimana naiknya semua harga CPO dan kernel dari perusahaan pengolah jadi produk jadi," kata Ketua Tim Pelaksana Penetapan HTBS Kelapa Sawit Provinsi Riau, Ferry HC, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, perusahaan sumber data yang memasukkan harga TBS CPO adalah PT Asian Agri mengalami kenaikan harga CPO sebesar Rp 31,82 per kg, dan dari PT PN V mengalami kenaikan sebesar Rp89,32 /kg.

Dari PT Sinar Mas mengalami kenaikan harga CPO sebesar Rp63,21 per kg. PT Astra Agro Lestari mengalami kenaikan Rp85,45 per kg, PT Citra Riau Sarana tidak memasukkan data harga baik CPO maupun kernel.

Untuk harga kernel, PT Sinar Mas mengalami kenaikan sebesar Rp61,00 per kg, dan dari PT Asian Agri mengalami kenaikan sebesar Rp5,47 per kg sementara itu PT Astra juga mengalami kenaikan sebesar Rp70,78 per kg.

"Sedangkan faktor eksternal yang turun mendongkrak kenaikan harga TBS CPO Riau adalah faktor eksternal yakni Permintaan CPO India meningkat," katanya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Peraturan Gubernur Riau No 22 tahun 2006, tentang pedoman penetapan harga TBS Kelapa sawit produksi perkebunan di Provinsi Riau maka hasil keputusan tim diberlakukan untuk setiap transaksi jual beli TBS kelapa sawit hasil perkebunan Riau.

Sawit merupakan komoditas andalan Provinsi Riau yang melibatkan banyak petani dan perkebunan swasta besar dengan kualitas produk yang terbaik di Indonesia. ***2***