Info Mudik: Arus Kendaraan Bukittinggi-Padang Padat Lancar

id info mudik, arus kendaraan, bukittinggi-padang padat lancar

Bukittinggi, (antarariau) - Memasuki H+2 libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah, arus kendaraan di jalan lintas Sumatera Bukittinggi-Padang dan Bukittinggi-Payakumbuh padat lancar.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Bukittinggi, Zuibar, Senin mengatakan, volume kendaraan pada H+2 Idul Fitri meningkat masih dapat dikendalikan sehingga tidak terjadi kemacetan cukup parah.

"Kemacetan yang biasanya terjadi di kawasan batas kota yaitu di Simpang Jambu Air dapat terkendali dengan baik. Hal itu pengalihan jalan dari Padang ke Payakumbuh diarahkan ke jalur alternatif yang masuk dari Koto Baru dan keluar ke Tanjung Alam," kata dia.

Untuk dalam kota, kata dia, volume kendaraan yang datang berkunjung ke Bukittinggi meningkat tajam, namun masih dapat terkendali dengan baik.

"Kemacetan hanya terdapat di pusat kota seperti di kawasan Taman Jam Gadang dan sejumlah objek wisata," katanya.

Dia menyebutkan, pihaknya telah mengerahkan seluruh personil perhubungan untuk pengamanan harus mudik dan balik pada Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah.

Disamping itu, untuk mengantisipasi kemacetan serta kenyamanan pengunjung datang ke berlibur ke kota berhawa sejuk itu yang berpotensi meningkat pada libur lebaran.

Menurut dia, petugas perhubungan akan ditugaskan, terutama menempati titik-titik rawat kemacetan, misalnya di Simpang Kangkung dan Pasar Banto, kawasan Jam Gadang serta lainnya.