Bupati Inginkan Kampar Jadi Pusat Islam Riau

id bupati inginkan, kampar jadi, pusat islam riau

Bupati Inginkan Kampar Jadi Pusat Islam Riau

Bengkalis, (antarariau) - Bupati Kampar H Jefry Noer menginginkan agar daerahnya menjadi pusat Islam di Provinsi Riau sejalan dengan terus diterapkan nilai-nilai islami oleh warga setempat hingga kini.

"Kita sudah memiliki Masjid Jamik di Desa Pulau Payung, Kecamatan Rumbio Jaya merupakan mesjid tertua di Kabupaten Kampar Propinsi Riau dibangun sejak 1658. Kini pembangunan sarana beribadah umat masih terus berlanjut termasuk didanai dari peran serta masyarakat," kata Bupati Jefry Noer usai mendampingi tim dari sebuah stasiun televisi swasta yang membawakan program "Enlighting Indonesia" di Bangkinang, Selasa.

Dalam pandangan Jefry ajaran pemimpin terdahulu harus tetap menjadi acuan dan panutan agar adat dan budaya yang bersendikan sarak, sarak bersendikan Kitabullah/agama ini tidak lekang oleh gerusan kemajuan zaman dan modernisasi.

Keberadaan Kampar sebagai pusat Islam Riau itu haruslah tercermin dalam perilaku masyarakat yang agamis, melaksanakan ajaran agama serta berpakaian muslimah bagi perempuan.

Bupati menegaskan ia memiliki lima pilar program dan pilar pertama adalah peningkatan akhlak dan moral. Selain itu peningkatan ekonomi kerakyatan yang dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata.

Pilar ketiga yaitu peningkatan SDM, pilar ke empat kesehatan dan kelima infrastruktur.

"Semua pilar dijalankan secara simultan atau berbarengan dan tidak ada yang didahulukan dalam upaya Pemkab Kampar yang saat ini sedang menggalakkan program percepatan pembangunan dalam memajukan Kabupaten Kampar agar terlepas dari kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh," ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati memperkenalkan Masjid Jamik Air Tiris yang dihiasi dengan ornamen bernilai budaya tinggi, desain bangunan atap yang menggambarkan adat budaya masyarakat Kampar. Bangunan masjid jamik ini didirikan dengan menggunakan pasak sebagai penguat/penyatu kayu bangunan masjid dan tidak menggunakan paku.

Kemudian kegiatan diteruskan mengunjungi bangunan megah yang ada di pusat ibu kota Bangkinang yakni "Islamic Center" yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kampar yang dibangun pada 2005.

Bupati Kampar H Jefry Noer bersama Wakil Ketua DPRD Kampar Hj Eva Yuliana mendampingi kru TV itu dalam pengambilan syuting video yang mengangkat sisi kebudayaan dan falsafah daerah serta untuk kelestarian budaya yang mulai pudar ditelan kemajuan zaman.

Wakil Ketua DPRD Kampar Eva Yuliana kepada Eksanti, artis yang ikut dalam rombongan menyatakan Masjid Jamik yang menjadi situs bersejarah di daerah itu tidak terlepas dari peran pemimpin terdahulu, yang mana masalah agama dan akhlak menjadi prioritas utama seorang pemimpin dan dimulai dari dirinya sendiri.