Harga daging sapi dan ayam ras naik di pasar Pekanbaru

id Harga daging,Ayam, daging ayam

Harga daging sapi dan ayam ras naik di pasar Pekanbaru

Pedagang daging. (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

Pekanbaru (ANTARA) - Harga daging sapi dan ayam ras di pasar tradisional mengalami kenaikan bervariasi menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Kenaikan harga daging sapi dan ayam ras mulai terjadi sepekan jelang lebaran, besaran kenaikan antara Rp5.000 sampai Rp30.000 per kilogram.

Penjual daging ayam ras Pak Enek (50) di Jalan Fazar mengakui, untuk saat ini ada kenaikan harga daging ayam ras dari normalnya Rp23.000 per kilogram menjadi Rp27.000 per kilogram hingga Rp28.000 per kilogram tergantung ukuran beratnya.

"Harga daging ayam untuk ukuran berat 1.5kg ke atas Rp27.000 per kilogram. Sementara untuk ukuran Rp1,5kg dijual Rp28.000 per kilogram," kata Pak Enek di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, sejauh ini walau alami kenaikan harga namun stok ayam ras masih mencukupi, berapapun permintaan bisa dipenuhi.

"Memang sudah kebiasaan jelang lebaran permintaan daging ayam ras dari masyarakat cukup tinggi, jadi biasalah harga modal daging ayam ikutan naik dari toke," katanya.

Ia mengungkapkan permintaan ayam ras sudah mulai alami kenaikan sejak awal Ramadan, akan tetapi menjelang Idul Fitri 1442 H ini semakin naik lagi, karena setiap keluarga ingin merayakannya di rumah dengan aneka menu masakan.

"Kami juga menilai menjelang H-1 permintaan ayam terus meningkat di Pekanbaru, apalagi kan banyak orang nggak mudik tahun ini," katanya.

Selain daging ayam ras daging sapi juga ikut jadi primadona pilihan masyarakat jelang lebaran. Tradisi buat rendang sebagai panganan khas teman lontong, telah membuat permintaan akan daging sapi segar melonjak di pasar Pekanbaru.

Upik (40) seorang ibu rumah tangga mengaku sudah membeli daging sapi seharga Rp140.000 per kilogram hari ini di Pasar Kodim.

"Kami hendak buat rendang daging untuk disantap saat lebaran, tadi saya membeli harganya naik Rp140.000 per kilogram," kata Upik.

Upik mengaku memang sudah jadi kebiasaan jelang lebaran harga daging sapi naik, sehingga tidak begitu heran.

Sementara itu penjual daging sapi di Pasar Cikpuan Jon mengatakan, saat ini untuk harga daging sapi mencapai Rp140.000 per kilogram.

Ia mengaku walau ada peningkatan permintaan, tetapi stok daging sapi seger tetap cukup.

"Harga daging sapi sudah mulai naik dari normal Rp110.000 per kilogram menjadi Rp140.000, meski mahal, yang cari daging tetap banyak," tukasnya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar