Kalila Tawarkan Konsep Gas Kota

id kalila tawarkan, konsep gas kota

Kalila Tawarkan Konsep Gas Kota

Pekanbaru, (AntaraRiau-News) - Perusahaan energi gas PT Kalila menawarkan konsep gas kota (city gas) untuk dialirkan ke setiap rumah di Kota Pekanbaru, Riau, sebagai bentuk penggunaan energi secara massal dan efisien.

"Pada prinsipnya konsep ini seperti mengalirkan air ledeng PDAM. Kami sudah siap membantu penerapan konsep gas kota untuk di Pekanbaru, tinggal bagaimana nanti respon dari pemerintah daerah menanggapinya," kata Operation Manager PT Kalila, Agustinus Parinding, pada kuliah umum "Petroleum Engineering UIR EXPO 2012" di Universitas Islam Riau, di Pekanbaru, Rabu (11/4).

Menurut dia, rencana pengembangan lapangan gas Kalila pada tahun ini memungkinkan konsep "city gas" diterapkan di Pekanbaru. Menurut dia, konsep tersebut tidak memerlukan jumlah gas yang terlalu besar dibandingkan kebutuhan sektor industi.

Ia mengatakan gas sebanyak satu juta standar metrik kaki kubik per hari (MMSCFD) bisa digunakan sedikitnya 15 ribu-20 ribu kepala keluarga. Tekanan yang dibutuhkan juga relatif tidak besar, yakni hanya berkisar 30-40 psi.

"Mengenai resikonya kita tak perlu takut karena konsep gas kota tekanannya lebih rendah dibandingkan yang dialirkan di pipa untuk industri. Masalahnya adalah nanti bagaimana pemerintah membantu meyakinkan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan biaya konsep gas kota yang dibebankan ke masyarakat juga lebih murah. Ia membandingkan, harga konsep gas kota ke konsumen bisa lebih murah dari harga satu tabung elpiji yang kini sekitar Rp95 ribu per tabung.

"Perusahaan perlu sepertiga dari nilai nilai jual sudah cukup, lalu duapertiga bisa masuk untuk warga dan pemerintah daerah," katanya.

Menurut dia, perlu ada kajian ekonomis lebih lanjut untuk penerapan konsep gas kota itu.

Kepala Jurusan Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau, Muslim, mengatakan konsep gas kota sangat menarik untuk diterapkan di Pekanbaru. Menurut dia, konsep itu selain murah juga ramah lingkungan.

"Kita bisa menginformasikan ke Pemda bahwa kita punya potensi dan teknologi yang bersih dan murah lewat konsep gas kota," kata Muslim.