Jumlah Pendatang Baru Di Pekanbaru Meningkat

id jumlah pendatang, baru di, pekanbaru meningkat

Pekanbaru, 14/9 (ANTARA) - Jumlah pendatang baru di Pekanbaru, Riau, diprediksi meningkat hal ini disebabkan Pekanbaru merupakan daerah strategis dituju sebagian besar pencari kerja, kata Kadisdukcapil Kota Pekanbaru Muhammad Noer.

"Untuk saat ini kita belum ada pendataan ke lapangan atau pun razia kepada pendatang baru di Pekanbaru, tapi bisa kita beri gambaran jumlah pendatang baru meningkat dari laporan beberapa kelurahan yang ada di Pekanbaru, melalui kecamatan," ungkap M Noer di Pekanbaru , Rabu.

Menurut M Noer, pada tahun 2010 jumlah pendatang baru yang datang ke Pekanbaru tercatat sebanyak 9.110 jiwa, dan untuk tahun 2011 hingga bulan Agustus sudah tercatat sebanyak 8.088 jiwa pendatang baru.

"Saya yakin jumlah ini pasti akan bertambah, apalagi pasca-Lebaran ini banyak warga yang pulang kampung, baliknya dia bawa saudaranya dari kampung," jelas Muhammad Noer.

Ia mengatakan, yang paling daerah Pekanbaru yang banyak didatangi pendatang baru itu yakni daerah-daerah yang berada di pinggiran kota seperti Kecamatan Tampan, Bukit Raya dan Tenayan Raya.

"Karena sebagian besar pendatang baru itu datang ke Pekanbaru untuk mencari kerja, jadi kalau didaerah pinggiran kota tempatnya lebih nyaman, baik itu tempat tinggalnya murah dan lokasi yang juga strategis," ucap M Noer.

Muhammad Noer mengatakan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tidak mempermasalahkan para pendatang baru yang datang ke Pekanbaru, Kota Pekanbaru terbuka untuk siapa saja yang akan datang.

"Tapi dengan catatan datang ke Pekanbaru harus membawa dokumen dan identitas yang jelas dan jangan dijadikan Pekanbaru sebagai tempat berkumpulnya pengangguran, kalau dia punya identitas dan dokumen yang jelas tidak masalah," ujarnya.

Oleh karena itu Kadisdukcapil Kota Pekanbaru meminta dalam hal ini pihak RT dan RW di tingkat dusun segera mendata para pendatang baru yang datang ke Kota Pekanbaru selanjutnya kelurahan akan melaporkan ke kecamatan dan kecamatan langsung ke Dinas.

"Kita tidak pernah melarang pendatang baru datang ke Pekanbaru , tapi mereka bawa identitas diri, jadi imbauan kami agar RT dan RW se-Kota Pekanbaru agar mendata warganya yang baru, karena ini salah satu antisipasi kita untuk menciptakan iklim yang kondusif," pungkas M Noer.