Harga Daging Sapi di Dumai Melaju Naik

id harga daging, sapi di, dumai melaju naik

Dumai, 15/7 (ANTARA) - Harga daging sapi tingkat pedagang pengecer di sejumlah pasar tradisional Kota Dumai, Riau terus melaju naik dengan selisih Rp2.000 hingga Rp3.000 per kilogram dari harga biasanya.

Pedagang di beberapa pasar tradisional Kota Dumai, Jumat, mengakui kenaikan harga daging sapi disebabkan minimnya pasokan sapi sehingga tidak seimbang dengan tingginya permintaan di tingkat pengecer.

Seno, pedagang daging sapi di pasar tradisional Pulau Payung Dumai mengatakan, minimnya pasokan sapi disebabkan belum normalnya pasokan sapi Australia, sementara tingginya permintaan disulut bergulirnya hari yang kian mendekati bulan suci Ramadhan.

"Sekarang harga daging sapi Rp73.000 per kilonya. Memang naik dari harga dua hari sebelumnya yang hanya Rp70.000 per kilogram," kata Seno.

Mahalnya harga daging sapi diakui pedagang akan bertahan dan bahkan terus melambung hingga jelang lebaran Idul Fitri.

"Kondisi ini biasa terjadi setiap tahunnya ketika jelang dan memasuki Ramadhan, terlebih mendekati lebaran Idul Fitri nanti," kata Rianto, pedagang daging sapi lainnya di pasar yang sama.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut pedagang tahun ini kenaikan harga daging masih belum seberapa.

"Tahun lalu juga sebelum puasa, harga daging sempai mencapai Rp100 ribu per kilogramnya," kata Rahmad, pedagang daging sapi di pasar tradisional Dock Dumai.

Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan serta Investasi (Disperindagin) Dumai, H Djamalus mengatakan, kenaikan harga daging jelang puasa merupakan hal yang wajar.

"Kondisi ini biasanya juga akan kembali normal tergantung dari pasokan dan tingginya permintaan pasar," kata Djamalus. ***5***