Harga Daging Sapi Lokal Di Dumai Naik

id harga daging, sapi lokal, di dumai naik

Dumai, 19/4 (ANTARA) - Harga daging sapi lokal di sejumlah pasar tradisional Kota Dumai, Riau, pekan ini naik dari Rp70.000 menjadi Rp72.000 per kilogram (kg).

Sejumlah pedagang daging sapi di pasar tradisional Pulau Payung Kota Dumai, Selasa, mengatakan kenaikan harga daging sapi disebabkan terbatasnya pasokan sapi dalam negeri hingga tidak mampu menutupi kebutuhan pasar.

"Kondisi ini biasa terjadi. Kalau dagingnya naik, secara otomatis semua organ sapi yang dijual terpisah seperti otak, ekor, tulang cincang serta tungkai juga ikut naik," kata Marwan, pedagang daging di Pasar Pulau Payung.

Untuk organ sapi seperti otak, dari Rp78.000 saat ini dijual seharga Rp80.000/buah. Begitu juga dengan ekor sapi yang sebelumnya dijual seharga Rp28.000 menjadi Rp30.000/ekor.

Sementara untuk organ sapi lainnya yakni tulang cincang, dari Rp12.000 naik menjadi Rp16.000/kg, tungkai sapi dari Rp60.000 menjadi Rp70.000/tungkai.

"Kemungkinan kenaikan harga daging sapi dan berbagai bagian sapi lainnya ini hanya akan bertahan jelang akhir pekan ini," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Investasi (Disperindagin) Kota Dumai, H Djamalus.

Jika dalam sepekan harga daging tidak kunjung normal atau bahkan semakin naik, kata dia, pihaknya akan melakukan pemantauan secara langsung.

"Setelah pemantauan secara langsung itu, kita juga akan mengecek seluruh penyuplay sapi lokal dan berusaha untuk meminta penambahan pasokan dari daerah penghasil ternak lainnya," ucap Djamalus.

Seorang ibu rumah tangga yang ditemui saat berbelanja di Pasar Dock, Melia (26), mengatakan, naiknya harga daging sapi saat ini belum begitu mempengaruhi pola masak dengan menu daging sapi sebagai santapan keluarga diawal pekan.

"Kenaikan harga daging juga belum terlalu menonjol, jadi belum berbengaruh dan meresahkan. Apalagi kami paling hanya makan daging sekali dalam sebulan," katanya.

Pantauan ANTARA, untuk daging jenis lainnya seperti daging kambing, sejumlah pedagang di Dumai masih menjualnya dengan harga normal yakni Rp51.000/kg.

Demikian halnya dengan daging ayam potong bertahan diharga Rp18.000/kg, ayam kampung seharga Rp28.000/kg, dan daging itik yang juga masih dijual dengan harga normal yakni Rp25.000/kg.