Panwaslu Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Rokan Hilir

id panwaslu ajak, masyarakat sukseskan, pilkada rokan hilir

Dumai, 18/3 (ANTARA) - Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) kepala daerah (pilkada) Kabupaten Rokan Hilir, Riau, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi di wilayah tersebut.

"Ajakan ini diwujudkan dengan melakukan sosialisasi rutin ke sejumlah pemuka masyarakat di Rokan Hilir," kata Ketua Panwaslu Rokan Hilir, Taufik, di Bagansiapi-api, Jumat.

Taufik yang dihubungi ANTARA dari Kota Dumai, mengatakan, pilkada 2011 Rokan Hilir yang rencananya akan dimulai tanggal 7 April hanya dapat disukseskan oleh masyarakat.

"Untuk itu, dalam sosialisasi pilkada aman yang kita gelar ini, kita selalu mengimbau dan meminta masyarakat untuk hati-hati dengan provokasi dan isu-isu yang dapat menimbulkan kericuhan," katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah menandatangani MoU (nota kesepahaman) tentang Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang isinya tentang kesuksesan pilkada 2011.

Mekanisme penandatangan MoU Gakkumdu menurut dia, adalah sebagai wujud implementasi undang-undang nomor 22 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pemilu, serta peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2008 tentang pemilihan, pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Kita laksanakan penandatangan ini sebagai bentuk mewujudkan pemilu yang amanah di dalam undang-undang," katanya.

Dengan demikian, menurut dia, harapan kesuksesan ini hanya tinggal masyarakatnya.

"Mari kita satukan komitmen untuk menciptakan pilkada yang aman dan kondusif," katanya.

Pada pilkada 2011 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir telah mendaftar tiga pasang calon bupati dan wakil bupati, meliputi pasangan Herman Sani-Wahyudi, Annas Ma'aun- Suyatno, serta pasangan Asri Auzar-Yatiman.

Ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati ini juga telah menandatangani nota kesepakatan untuk menciptakan pilkada yang aman.