BPJS Ketenagakerjaan Duri canangkan dua desa sadar jaminan sosial

id Bpjs tk,desa sadar jaminan sosial,duri,riau,berita riau antara,berita riau terbaru

BPJS Ketenagakerjaan Duri canangkan dua desa sadar jaminan sosial

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Duri, Riau canangkan  dua desa yakin Desa Muntai dan Desa Muntai Barat sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan, guna meningkatkan kesejahteraan  pekerja di wilayah itu. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Duri, Riau, mencanangkan dua desa yakin Desa Muntai dan Desa Muntai Barat sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan, guna meningkatkan kesejahteraan pekerja di wilayah itu.

"Alasan kenapa kami memilih kedua desa ini sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan dikarenakan, walaupun desa ini letaknya jauh dari kota namun para pekerjanya faham bahwa mereka memang harus dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Duri, Fakhrul Mukhlis pada acara pencanangan di pinggir pantai Desa Muntai Barat, Kabupaten Bengkalis, melalui rilisnya kepada ANTARA di Pekanbaru, Jumat.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis H. Muhammad, ST, MP, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Bantan, para Kepala Desa se-kecamatan Bantan, seluruh perangkat desa Muntai barat dan Muntai.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Sumbar-Riau sumbang empat sapi kurban

Acara diawali dengan pelepasan sepasang merpati oleh Wakil Bupati Bengkalis.

Sebagai simbol yang menyiratkan bahwa Desa sadar yang dicanangkan akan menjadi desa yang maju, setelah dicanangkan sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. Karena para pekerjanya telah terlindungi program-program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga mereka bebas beraktivitas dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari tanpa rasa takut akan risiko kerja yang mungkin terjadi.

"Sehingga mereka merasa lebih tenang dan nyaman, dalam melakukan segala kegiatan usaha dan pekerjaan yang mereka geluti," ujar Fakhrul.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bengkalis menyampaikan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan sama wajibnya seperti program BPJS Kesehatan. Jadi seluruh pekerja formal maupun lepas seperti petani, nelayan, pekebun maupun pedagang, semua harus ikut daftar biar ada perlindungannya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan lindungi 3.056 atlet Porkot Pekanbaru VII 2019

Wakil Bupati Bengkalis juga menyarankan agar desa yang lain mengikuti jejak kedua desa ini. Beliau juga berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena sudah mengedukasi masyarakat di Desa Muntai dan Muntai Barat tentang pentingnya BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan pencanangan ini juga diisi dengan Penandatangan MoU antara BPJS ketenagakerjaan Cabang Duri dengan Desa Muntai dan Muntai Barat, penyerahan simbolis Kartu Kepesertaan dan Sertifikat BPJS Ketenagakerjaan kepada Desa Muntai dan Muntai Barat yang telah mendaftarkan seluruh perangkat desanya sejumlah 200 orang dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) BPJS Ketenagakerjaan sektor Penerima Upah, penyerahan 2 unit kulkas 2 pintu, 2 unit freezer dan 1 unit kios nelayan yang berguna untuk tempat mengumpulkan ikan hasil tangkapan nelayan.

Selain itu masyarakat pekerja di Desa Muntai dan Muntai Barat yang diantaranya merupakan petani, pedagang, nelayan dan pekebun sebanyak 250 orang telah terdaftar dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) BPJS Ketenagakerjaan sektor Bukan Penerima Upah.n sektor Bukan Penerima Upah.

Baca juga: 30 persen kecelakaan kerja di Riau disebabkan lakalantas

Baca juga: BPJS TK Pekanbaru gandeng kejaksaan tagih ratusan perusahaan penunggak iuran


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar