80 Persen Nasabah Bank Riau Di Dumai PNS

id 80 persen, nasabah bank, riau di, dumai pns

Dumai, 31/12 (ANTARA) - Sekitar 80 persen nasabah Bank Riau Cabang Kota Dumai merupakan pegawai negeri sipil (PNS) yang memanfaatkan Kredit Aneka Guna (KAG) perusahaan perbankan berbadan usaha pemerintah provinsi itu.

Kepala Bank Riau Cabang Dumai, Asari, di Dumai, Kamis, memaparkan, banyaknya PNS yang meminjam uang di perusahaan perbankan dengan kepemilikan aset daerah itu dikarenakan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

"Selain itu, kredit keperluan multiguna PNS ini besarannya juga bervariasi, mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 200 juta," paparnya.

Asari menjelaskan, sejak bergulirnya pinjaman KAG ini, sudah ribuan PNS di Dumai yang melakukan peminjaman modal dengan persyaratan permohonan yang mudah dan gampang dan bunga yang sesuai masa kredit.

Syarat tersebut adalah dengan melampirkan Nomor Induk Kepegawaian (NIK) sesuai domisili penempatan daerah maupun provinsi serta meninggalkan SK (surat kerja) pengangkatan PNS tersebut sebagai jaminan.

Pembiayaan khusus KAG ini menurut dia juga terbukti sangat membantu PNS dan nasabah umum lainnya dalam memenuhi berbagai macam keperluan dengan masa pengembalian kredit bisa dalam jangka waktu hingga bertahun.

Bank Riau sebagai salah satu perusahaan plat merah bersama Pemprov Riau dan seluruh Kabupaten/Kota dalam hal penyertaan modal bersama dikatakan dia memang diperuntukkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Riau.

"Sejauh ini proses penyaluran dan pengembaliannya tidak ada masalah karena sudah ditetapkan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku," kata Ashari.

Mekanisme sistem pengembalian pinjaman kredit dilakukan dengan kerjasama Bank Riau bersama bagian keuangan dan kepegawaian di Sekretariat Pemerintah Kota Dumai dengan pemotongan langsung dari pembayaran gaji PNS tersebut.

Selain PNS, ucap dia, KAG ini juga bisa diberikan kepada pensiunan PNS yang berpenghasilan tetap, pekerja atau profesi dan pengusaha yang ingin melakukan pembelian perabot, rumah tangga, elektronik, biaya pendidikan, pengobatan, pernikahan, dan kebutuhan lainnya.

Selain itu, terang Asari, dalam tahun 2010 ini Bank Riau Cabang Dumai juga telah menyalurkan sejumlah bantuan langsung untuk kepentingan pembangunan Dumai melalui persetujuan Pimpinan Wilayah Bank Riau Provinsi Riau.

"Bantuan tersebut berwujud tunai diantaranya yakni dana sebanyak Rp 25 juta untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Dumai serta penanaman pohon di taman kota dengan total bantuan Rp 15 juta," katanya.