Dinas Peternakan Pastikan Kebutuhan Sapi Kurban Terpenuhi

id dinas peternakan, pastikan kebutuhan, sapi kurban terpenuhi

Pasir Pengaraian, Riau 10/10 (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau memastikan kebutuhan sapi untuk kurban masyarakat setempat pada Hari Raya Idul Adha 1431 Hijriyah akan terpenuhi.

"Kami berani memastikan kebutuhan sapi untuk kurban pada Raya Idul Adha nanti terpenuhi, karena populasi sapi masyarakat telah mencapai hampir 25.000 ekor," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rokan Hulu Marjoko kepada ANTARA, Minggu.

Sapi sebanyak itu kata dia, merupakan sapi milik masyarakat yang merupakan hasil pengembangan Dinas Peternakan Provinsi Riau dan Disnakan Rokan Hulu dengan para petani di sejumlah kecamatan di daerah itu.

Dia mengatakan, dari seluruh populasi sapi yang tersedia sebenarnya didominasi sapi betina, namun demikian jumlah sapi jantan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Kurban nanti juga tetap akan terpenuhi.

"Kita perkirakan, sapi jantan di Rokan Hulu yang telah berumur cukup untuk dijadikan kurban mencapai sekitar 4.000 ekor, sementara sapi yang dibutuhkan untuk kurban hanya sekitar 2.500 hingga 3.000 ekor sapi," ujarnya.

Ia menjelaskan, pasokan sapi di Rokan Hulu terbanyak berada di Kecamatan Rambah Hilir, Rambah samo, Bangun Purba, Rokan Empat Koto dan beberapa kecamatan lainnya.

Marjoko mengharapkan, beberapa tahun mendatang pasokan sapi di Rokan Hulu dapat mengalami surplus, sehingga bisa memasok kebutuhan sapi kepada kabupaten dan kota tetangga seperti Pekanbaru.

"Sebenarnya setiap pada Hari Raya Kurban itu, sapi dari Rokan Hulu selalu ada yang dikirim ke beberapa daerah kabupaten tetangga, namun kita belum berani bilang kalau kita sudah mengalami surplus sapi," katanya.

Namun ia tetap yakin, dengan stok sapi yang ada pada tahun 2010 ini dipastikan dapat mengatasi permintaan dari masyarakat untuk keperluan kurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

"Masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan sapi kurban, sebab stok kita pastikan akan mencukupi", ujarnya.