Kuansing Tanam Perdana Padi 7000 Hektare

id kuansing tanam, perdana padi, 7000 hektare

Teluk Kuantan, 28/9 ( ANTARA ) - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan melakukan perdana padi seluas 7.000 hektare sebagai andalan dan primadona daerah itu di masa mendatang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Kuantan Singingi, Hardison, di sela-sela Silaturrahmi Pemkab Kuansing dengan Korps PNS dan PGRI se Kecamatan Kuatan Hilir, Selasa, mengatakan tanam perdana untuk musim tanam 2010 akan dilakukan oleh petani Kecamatan Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Gunung Toar dan Benai.

Untuk masalah benih, Distan akan segera membagikan kepada masyarakat benih padi jenis PB 42, Batang piaman dan Legawa.

Jenis padi yang bakal disemai masyarakat itu merupakan pilihan yang terbaik dibanding benih lainnya, karena hasil produksinya pada tahun lalu mencapai dua kali lipat dari hasil sebelumnya.

"Benih padi tersebut sangat baik dan dapat meningkatkan hasil produksi dua kali lipat dari benih unggul lainnya, yang selama ini dipakai para petani kita," paparnya.

Ia menegaskan petani diharapkan menggunakan benih yang sudah disediakan dan bila tidak mencukupi disarankan untuk membeli jenis yang sama.

Pada musim tanam 2010 bakal dilakukan tanam dua kali untuk mengejar OPRM (Operasi Pangan Riau Makmur) yang telah dicanangkan. Dengan demikian berarti produksi padi petani akan jauh lebih meningkat.

Pada musim tanam 2009/2010 lalu sebagian sawah petani diserang hama tikus akibat keteledoran mereka dalam mengantisipasi tanaman padi seminggu waktu lebaran kemarin.