Bupati Kuansing Ikut Tanam Padi Unggul di Desa Tanjung Simandolak

id bupati kuansing, ikut tanam, padi unggul, di desa, tanjung simandolak

Bupati Kuansing Ikut Tanam Padi Unggul di Desa Tanjung Simandolak

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau bersama masyarakat menanam padi unggul IP 100 dengan pola padat karya tunai di atas lahan mencapai ratusan hektare dalam rangka menuju swasembada pangan di daerah setempat, selain diyakini dapat mendongkrak ekonomi petani.

"Bupati Optimis tanaman padi sawah bakal berhasil dengan produksi tinggi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Kuantan Singingi Muradi di Teluk Kuantan, Sabtu.

Muradi mengatakan, pola padat karya ini berasal dari dana desa dan kedepannya program akan dijadikan kegiatan Bumdes oleh Desa Tanjung Simandolak karena dinilai cukup berhasil, Bupati Mursini yakin petani di Kuansing akan lebih sejahtera kedepannya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kuansing Maisir, Asisten II DR Indra Suandi, kepala dinas/badan Organisasi Perangkat daerah (OPD) ikut menemani dalam acara tersebut, pada kesempatan itu semua pihak mendukung program petani.

"Masyarakat terlihat sangat antusias dan bangga keikutsertaan Bupati dan rombongan," sebutnya.

Bupati Kuantan Singingi Mursini mengatakan, kehadiran dirinya di acara pola padat karya tunai produk unggulan desa dan penanaman padi sawah IP 100 ini bertujuan ingin memastikan dana desa yang disalurkan ke desa benar-benar dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya mau mengecek realisasi program padat karya tunai di desa," sebut Mursini.

Mursini optimis program yang dilaksanakan Desa Tanjung Simandolak, Kecamatan Benai bakal sukses dan mendapat dukungan semua pihak, karena semua berujung kepada peningkatan tarap hidup petani, selain itu juga mengingatkan, dana desa sebaiknya bukan digunakan untuk kegiatan fisik saja, namun juga ada program peningkatan ekonomi masyarakat dan mampu memberikan peluang kerja.

"Ini bisa menjadi contoh seluruh desa di Kuansing," pintanya.

Kades Desa Tanjung Simandolak Robinson Saswe, menjelaskan bahwa tahun 2015 lalu, masyarakat telah membangun jalan semenisasi sepanjang 300 meter, pelayangan (kompang) dan dermaga, pada 2016 ada kegiatan normalisasi persawahan seluas 13 hektare dan pembangunan jalan lintas sawah 480 meter.

"Kami juga pada 2017 membangun irigasi sepanjang 500 meter, semua ada peran aktif instasni terkait," ucapnya.***