PLN Pastikan 100 Persen Kampung di Siak Berlistrik

id Desa Berlistrik Riau,PLN Riau Kepri,Siak,Syamsuar

PLN Pastikan 100 Persen Kampung di Siak Berlistrik

Peresmian 100 persen Desa Berlistrik di Kabupaten Siak. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru(Antaranews Riau) - PT PLN (Persero) memastikan sebanyak 131 kampung, sebutan setempat untuk desa, di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, pada awal tahun ini sudah mendapat layanan listrik dari negara.

“Pada hari ini kita selesaikan empat desa terakhir di Siak dapat aliran listrik. Dengan begitu, 100 persen desa sudah berlistrik di Siak,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M. Irwansyah Putra, pada peresmian 100 persen “Desa Berlistrik” di Kampung Muara Kelantan, Siak, Kamis.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Siak Syamsuar, tokohmasyarakat dan masyarakat setempat. Irwansyah menjelaskan empat kampung terakhir yang mendapat aliran listrik antara lain Desa Tasik Betung, Desa Rantau Bertuah, Desa Teluk Lancang dan Desa Teluk Lanus.

Baca juga: PLN Pastikan 100 persen desa di Bengkalis Riau dialiri listrik

Ia mengatakan PLN berkomitmen untuk mengaliri seluruh desa di Riau, termasuk Siak, meski itu membutuhkan invetasi yang tidak sedikit. Pembangunan infastruktur kelistrikan pada empat desa terakhir, lanjutnya, telah menghabiskan dana lebih dari Rp19 miliar.

“Itu adalah bentuk komitmen PLN untuk memberikan layanan listrik kepada masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, infastruktur Kelistrikan yang dibangun pada desa tersebut diantaranya Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan total lebih dari 35,7 KMS, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) lebih dari 19,3 KMS dengan total kesulurahan daya Gardu Distribusi lebih dari 720 kVA.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M. Irwansyah Putra, dan Bupati Siak Syamsuar pada peresmian 100 persen “Desa Berlistrik” di Kampung Muara Kelantan, Siak, Kamis (31/1/2019). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)


“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, Forkimpinda dan masyarakat yang telah mendukung pembangunan infastruktur kelistrikan di daerah. Karena, dengan tidak adanya sinergi ini maka pembangunan ini tidak akan selesai,” ujar Irwansyah.

Ia menambahkan, pada tahun ini PLN menargetkan seluruh desa akan dapat aliran listrik, terutama di daerah pesisir seperti Kabupaten Indragiri Hilir.

Bupati Siak, Syamsuar, usai peresmian 100 persen “Desa Berlistrik” langsung melakukan telekonfrensi dengan kepala kampung yang terjauh, yakni Kampung Tasik Betung dan Teluk Lanus.

Syamuar mengatakan sangat berterima kasih kepada PLN dan Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang melakukan program listrik hingga ke pelosok daerah terpencil.

“Mari kita doakan GM PLN dan Presiden Joko Widodo supaya selalu sehat dalam melaksanakan tugasnya. Listrik ke desa ini adalah bentuk nyata dari program Nawacita,” kata Syamsuar yang juga Gubernur Riau terpilih dan akan dilantik pada Februari 2019.

Baca juga: Andini, Anak Kecil yang Hidupi Dua Adik Balitanya Dapat Beasiswa

Baca juga: PLN Gelar syukuran normalnya kelistrikan Natuna pascakebakaran pembangkit