TNI AU Latihan Tempur Gabungan Bersama Singapura

id tni au, latihan tempur, gabungan bersama singapura

TNI AU Latihan Tempur Gabungan Bersama Singapura

Pekanbaru (Antarariau.com) - TNI Angkatan Udara bersama dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) akan menggelar latihan militer bersama yang digelar di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Ronny Irianto Moningka di Pekanbaru, Selasa mengatakan sesuai jadwal, latihan militer gabungan tersebut akan berlangsung selama dua bulan mendatang di langit Bumi Lancang Kuning.

"Selama dua bulan kedepan kita melaksanakan latihan bersama dalam rangka meningkatkan kemampuan penerbang dalam operasi pertempuran udara," kata Ronny.

Latihan tempur gabungan yang menjadi agenda rutin tiap tahun dua negara bertetangga tersebut ditandai dengan kedatangan enam unit jet tempur F-16 milik RSAF. Enam jet temput buatan negeri Paman Sam itu mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa siang hari ini.

Ronny menuturkan bahwa latihan gabungan itu akan dikemas dalam kegiatan Joint Figther Weapon Course (JFWC) 2018.

"Latihan ini untuk melatih penerbang tempur kedua angkatan udara dalam melakukan pertempuran di udara secara lebih profesional, sekaligus mempererat kerjasama kedua angkatan udara," tegas Ronny.

Lebih jauh, ia memaparkan jika JFWC kali ini merupakan latihan yang ketiga kalinya digelar. Secara umum, ia mengatakan latihan di bagi dalam dua kegiatan. Pertama adalah "ground school" dan selanjunya latihan manuver.

Untuk "ground school" akan dilaksanakan selama dua pekan lamanya, dan selanjutnya dilanjutkan dengan manuver lapangan yang digelar selama tiga bulan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Dalam latihan tempur gabungan ini, Ronny menuturkan TNI AU mengerahkan tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara III Lanud Iswahjudi Madiun dan Skadud 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Sementara RSAF mengerahkan 6 pesawat F-16 dari 140 SQ, 143 SQ dan 145 SQ.

"Nantinya dalam latihan bersama manuver tiga bulan kedua angkatan udara akan melaksanakan berbagai macam latihan. Mulai Basic Fighter Maneuver (BFM), Air Combat Tactic (ACT), Surface Attack Tactic (SAT) hingga puncaknya adalah Large Force Employment (LFE) atau Mission Orientation Training (MOT)," jelas Ronny.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan pangkalan militer tipe A satu-satunya di Pulau Sumatera. Pangkalan itu kini diperkuat dengan dua skadron tempur yakni Skadron Udara 12 dan 16 yang masing-masing diperkuat dengan jet tempur Hawk 100/200 dan F16 Fighting Falcon.