Ratusan Alumni Potensial Kembangkan Koperasi SMB Pekanbaru

id ratusan alumni, potensial kembangkan, koperasi smb pekanbaru

Ratusan Alumni Potensial Kembangkan Koperasi SMB Pekanbaru

Frislidia

Pekanbaru, 18/4 (Antara) - Ratusan alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 3 (SMANTRI) Padang yang berdomisili di Riau potensial mengembangkan Koperasi Smantri Maju Bersama (KSMB) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan untuk tahap awal wadah ekonomi rakyat ini memasok kebutuhan sembako para alumni.

"Suplai kebutuhan sembako untuk para anggota koperasi atau alumni SMANTRI sudah dijalankan, mulai dari kebutuhan dapur, peralatan mandi, beras, telur, hingga kuliner kecil, air kelapa dan lainnya yang dijual di kantor KSMB Jalan Elang No.12, Kelurahan Kampug Melayu, Kecamatan Sukajadi itu," kata Ketua KSMB Pekanbaru, Juliandi di Pekanbaru, Rabu.

Juliandi mengatakan, sejumlah anggota koperasi berasal dari para alumni itu sudah melakukan pemesanan dan pembelian barang kebutuhan pokok, bahkan para alumni dari sejumlah provinsi di tanah air pun datang memberikan bantuan dan sumbangan sejumlah kebutuhan peralatan kantor.

Selain itu, katanya, dari alumni Koperasi juga berhasil menghimpun dana bagi pengembangan usaha koperasi ini yang kini sudah memiliki aset sebesar Rp50 juta lebih itu.

"Kita optimistis bisa mengembangkan usaha yang bernaung dalam satu wadah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan," katanya.

Sedangkan dasar hukum berlakunya usaha ini adalah SK Notaris Isnadi SH, M.Kn dengan no Akta 486, 7 April 2017, dan SK Badna Hukum dari Kementrian Koperasi dan UKM RI No.006436/BH/M.KUKM.2/XIIi/5 Desember 2017.

Juliandi mengatakan, rekrutmen anggota baru dilakukan dimulai dengan pembayaran simpanan pokok dan wajib sebesar Rp25 ribu dan simpanan pokok sebesar Rp500 ribu, menjadi modal awal usaha koperasi tersebut.

Usaha ini dikelola, katanya dimaksudkan untuk merangkul semua usaha yang ada pada setiap alumni dan memberdayakannya dalam satu kesatuan yang bersinergi yang diharapkan juga bisa bermanfaat bagi alumni dan masyarakat.

"Anggota koperasi tahap awal berjumlah 58 orang asal Riau dan luar Provinsi Riau, dan kini sudah makin bertambah selanjutnya masih terbuka peluang untuk anggota baru yang ingin bergabung. Untuk menunjang kegiatan usaha ini koperasi juga membentuk beberapa divisi yakni divisi ritel kebutuhan pokok, divisi pendidikan kursus Bahasa Inggris dan Matematika, tour and travel, divisi kesehatan, divisi hukum dan divisi e-commerce," katanya.

Salah seorang pendiri KSMB Hedwar Rosman menyebutkan, potensi alumni saat ini mencapai 480 orang di Provinsi Riau dengan beragam pekerjaan mulai dari PNS, TNI (Ad dan Laut), Polri, PNS guru, BUMN, swasta bergerak dibidang jasa notaris, perkebunan usaha pertambangan kelapa sawit, karet, dan lainnya.

"Didukung oleh potensi alumni yang cukup besar itu, dan jika usah ini berjalan lancar, akan dibuka cabang pada tiap provinsi karena izinnya sudah sampai ke Kementrian Koperasi," katanya.