Komisi VIII DPR RI Dukung Riau Miliki Embarkasi Haji

id komisi viii, dpr ri, dukung riau, miliki embarkasi haji

Komisi VIII DPR RI Dukung Riau Miliki Embarkasi Haji

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syandzily mendukung Riau untuk membangun embarkasi haji.

"Untuk itu Pemprov Riau bersama Kanwil Kemenag Riau hendaknya segara memenuhi persyaratan sebagai embarkasi, termasuk pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai," kata Ace saat menutup Rapat Kerja Kanwil Kemenag Riau tahun 2018 di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, DPR RI sangat mendukung untuk pembangunan embarkasi itu namun demikian asrama hajinya harus terpenuhi karena itu menjadi kebutuhan utama atau syarat untuk keberadaan sebuah embarkasi.

Ia mengatakan, pihaknya tentu akan memberikan dukungan sepenuhnya apalagi secara resmi Kementerian Agama Provinsi Riau mengajukan untuk dibangun atau ditingkatkan statusnya bandara ini untuk keberangkatan haji.

"Riau merupakan salah satu Provinsi yang sangat penting di Indonesia yang berlatar belakang agamis, perlu keberadaan embarkasi itu," katanya.

Selain itu, Riau perlu mendapatkan perhatian khusus untuk melahirkan satu suasana yang agamis, harmonis, dan terjaga serta terpeliharanya sistem kehidupan manusia masyarakat yang agamis dan Provinsi Riau harus mendapatkan prioritas secara nasional.

Dia berharap bahwa dengan kegiatan Rapat Kerja Kanwil Kemenag Rrovinsi Riau bisa semakin menyolidkan etos kerja semua pihak di Kementerian Agama Provinsi Riau.

Kemenag Riau ini menjadi tulang punggung bagi terwujudnya masyarakat yang agamis dan diharapkan agar pendidikan keagamaan Islam di provinsi Riau betul-betul bisa menjadi acuan secara nasional karena kita tahu bahwa sebagai suatu daerah yang secara agama kuat maka seharusnya memang di pelihara tradisi keagamaannya.

"Untuk itu, di bawah kepemimpinan Kakanwil Drs H Ahmad Supardi MA dapat memberikan kepemimpinan yang lebih maju, dapat mencipatakan masyarakat Riau yang lebih agamis, lebih harmonis, tidak ada konflik antar umat beragama yang pada akhirnya masyarakatnya bisa berakhlakul karimah karena tujuan utama dari Kementerian Agama menjadi pilar moral bagi bangsa,"katanya.

Sebagai pimpinan komisi VIII, dia telah mendengarkan apa yang menjadi aspirasi dari Kemenag Provinsi Riau ini segera kita perjuangkan, dan aspek pendidikan harus betul-betul menjadi tulang punggung untuk masyarakat Riau.

Asisten I Sekda Provinsi Riau Ahmad Syah Roffie mengungkapkan, lahan seluas 4 hektare sudah dihibahkan oleh Pemprov Riau ke Kemenag RI. Seluruhnya lahan tersedia sebanyak 5,2 hektare, namun yang dalam sengketa masalah hanya 1,2 hektare lebih.

Kini, Kanwil Kemenag Riau terus mematangkan berbagai persiapan untuk membangun asrama haji Provinsi Riau pada lahan hibah Pemrov Riau seluas 4 hektare.

"Berbagai persiapan segera dimatangkan apalagi secara prinsip mendapatkan sinyal "lampu hijau" dari Kemenag RI hanya tinggal tentang kepastian lokasi pembangunannya apakah dilanjutkan membangun pada lahan seluas 4 hektare itu atau ditempat lain," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau Ahmad Supardi.