Piala Adipura Diarak Keliling Pekanbaru

id piala adipura, diarak keliling pekanbaru

Pekanbaru, 8/6 (ANTARA) - Piala Adipura yang diraih Kota Pekanbaru yang keenam kalinya untuk kategori kota besar terbersih di Indonesia, diarak keliling kota melalui jalan protokol yang dimulai dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Rabu.

Namun sayangnya, pada tahun ini, piala Adipura tersebut tidak diarak langsung oleh walikota, melainkan hanya diarak oleh petugas yang sudah disiapkan bersama bujang dan dara Pekanbaru, dan berakhir di kantor walikota.

Penghargaan ini sebelumnya diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa (8/6) lalu kepada Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah.

Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah mengatakan diraihnya Adipura untuk keenam kalinya ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak mulai petugas kebersihan, masyarakat hingga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Kita harapkan warga Pekanbaru akan semakin semangat dalam menjaga kebersihan," ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Adipura kali ini agak menurun. Bila tahun lalu bisa meraih juara I, tahun ini Pekanbaru harus puas di urutan kedua. Menurut dia, penurunan ini tidak terlepas dari masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah tempat yang ditetapkan.

"Tahun depan, kita harapkan Adipura yang didapatkan tidak hanya urutan kedua. Melainkan adipura untuk urutan pertama," kata dia.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri menyambut gembira dengan diterimanya penghargaan ini. Ia mengharapkan penghargaan ini tidak hanya sekedar sermoni saja. Tetapi juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan.

Selain mendapatkan Adipura, Kota Pekanbaru mendapatkan penghargaan untuk kategori sarana dan prasarana terbaik di dua lokasi, yaitu di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki dan Taman Kota Arifin Achmad.