Hanya 2.077 Bus Yang Tersedia Untuk Pemudik Riau

id hanya 2077, bus yang, tersedia untuk, pemudik riau

Hanya 2.077 Bus Yang Tersedia Untuk Pemudik Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau mengaku, cuma 2.077 armada bus berbagai jenis disiapakan untuk melayani pemudik Lebaran tahun ini.

"Untuk angkutan darat tahun ini, total 2.077 bus disiapkan dari 148 perusahaan dengan jumlah 35.483 kursi," ucap Kepala Dishub Provinsi Riau, Arlisman Agus di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, ribuan armada bus mudik Lebaran tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Lalu Angkutan Jemput Antar Provinsi (AJAP), kemudian Angkutan Jemput Dalam Provinsi (AJDP) yang termasuk didalamya angkutan pariwisata, dan angkutan carter atau sewa.

Dalam dua tahun terakhir, lanjutnya, di Riau terjadi tren penurunan jumlah angkutan penumpang transportasi darat yang disiapkan pelaku usaha.

Seperti tahun 2016, jumlah armada disiapkan 2.281 bus dengan total 191 perusahaan otobus, dan 2015 sebanyak 2.362 armada dari 173 perusahaan otobus.

"Tingkat perekonomian masyarakat di Riau cederung meningkat, sehingga mereka gunakan kendaraan pribadi sewaktu pulang kampung," terang dia.

Arlisman memprediksi, terjadinya penurunan 0,45 persen terhadap jumlah penumpang yang diangkut oleh bus pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2017.

"Tahun 2017 animo masyarakat menggunakan angkutan bus diprediksi mencapai 23.626 penumpang atau mengalami penurunan sebesar 0,45 persen," katanya.

Kepala Seksi Evaluasi Bidang Pendataan, Pelaporan dan Evaluasi Dishub Provinsi Riau, Aida Afrawati berujar, pihaknya akan mengecek kelaikan seluruh kendaraan mulai H-10 Lebaran.

Pihaknya akan turun secara serentak untuk melaksanakan pperasi penyelengaraan angkutan Lebaran terpadu tahun 2017.

"Ribuan kendaraan akan dicek untuk memenuhi standar keamanan dan kelayakan di jalan nanti," terangnya.