Berstatus Siaga Darurat Karhutla, Rohil Siagakan Satgas Gabungannya

id berstatus siaga, darurat karhutla, rohil siagakan, satgas gabungannya

Berstatus Siaga Darurat Karhutla, Rohil Siagakan Satgas Gabungannya

Pekanbaru (Antarariau.com)- Segenap unsur keamanan terkait di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menggelar apel wujud kesiapan Tim Siap Siaga Darurat dalam mengatasi kemungkinan kebakaran hutan dan lahan terutama pada musim kemarau sepanjang tahun 2017 di daerah itu.

"Apel Kesiapan Satuan Tugas Bencana Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Tahun 2017, melibatkan dua pleton gabungan dari Polres Rokan Hilir dan Polsek Meranti," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Arya Tejo di Pekanbaru, Selasa.

Apel dipimpin Bupati Rokan Hilir, Suyatno tersebut dilakukan setelah Rokan Hilir menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan memasuki musim kemarau sepanjang 2017.

Selain itu turut ikut apel satu pleton Kodim 0321 Rokan Hilir, satu pleton Satuan Polisi Pamong Praja, satu pleton Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan dua pleton Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Apel dimaksud juga untuk langkah cepat dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan seperti terjadi pada tahun - tahun lalu itu, juga mengerahkan aparatur dari berbagai instansi pemerintah di kabupaten itu.

Begitu juga keterlibatan personil unit pemadam kebakaran dari perusahaan swasta dan anggota pramuka.

"Tim harus siap siaga dan bergerak cepat mengatasi tiap terjadi kebakaran hutan dan lahan khususnya selama musim kemarau sepanjang tahun 2017 ini," kata bupati.

Wujud kesepakatan untuk mencegah dan mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan itu ditandai Bupati Rokan Hilir menandatangani "Memorandum of Understanding" dengan pihak perusahaan swasta beroperasi di daerah itu.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga memberikan bantuan dua unit mesin pompa air untuk BPBD di daerah itu.

Usai apel Tim Siap Siaga Darurat Karhutla digelar simulasi melibatkan sejumlah personil BPBD dan Tim Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang memperagakan gerak cepat melakukan pemadaman kobaran api melumat kawasan hutan dan lahan didominasi jenis gambut itu.