Berpotensi Maritim, Puluhan Perwira Sesko TNI Kuliah Kerja di Dumai

id berpotensi maritim, puluhan perwira, sesko tni, kuliah kerja, di dumai

Berpotensi Maritim, Puluhan Perwira Sesko TNI Kuliah Kerja di Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Situasi pertahanan udara darat dan laut di Kota Dumai dengan potensi kemaritiman dapat perhatian sehingga jadi tempat kuliah kerja dalam negeri bagi puluhan Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando TNI, Rabu.

Kedatangan rombongan perwira menengah TNI Polri dipimpin Brigjen TNI Suherman ini disambut Wali Kota Dumai Zulkifli As beserta jajaran, Dandim 0320 Letkol (Kav) Rendra Siagian dan Lanal dan Polres di kediaman dinas di Jalan Putri Tujuh.

Brigjen TNI Suherman menyebutkan, Perwira Siswa berjumlah 43 orang akan menjalani kuliah kerja dalam negeri dan pertahanan wilayah di Dumai untuk melihat potensi kemaritiman dan situasi pertahanan daerah.

"Khusus di Dumai ini kita akan mempelajari sistem pertahanan laut udara dan darat, potensi daerah dengan kekayaan laut dan kemaritiman untuk dianalisa oleh perwira siswa dalam kegiatan perkuliahan," kata Brigjen TNI Suherman.

Disebutkan dia, melihat secara riil sistem pertahanan di Dumai sangat penting karena daerah ini potensial dengan memiliki pelabuhan internasional dan perairan berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Prioritas lain sesuai intruksi Presiden Jokowi soal kebakaran hutan dan lahan dengan mempelajari kerjasama unsur terkait di daerah dalam penanggulangan karhutla karena kabut asap di Provinsi Riau dalam dua tahun terakhir jauh berkurang.

"Dari kunjungan ini nantinya perwira siswa bisa menganalisa hal atau data yang diperoleh di lapangan untuk dijadikan kesimpulan demi kemajuan daerah dalam proses pembangunan dan segi pertahanan," terang perwira tinggi TNI ini.

Disebutkan, rombongan perwira siswa Sesko TNI sebelumnya sudah mengunjungi Kota Pekanbaru Provinsi Riau dan bertemu dengan Gubernur Arsyadjuliandi Rachman untuk mengetahui pelaksanaan tugas penanggulangan karhutla.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As menyambut baik kegiatan kuliah kerja dalam negeri perwira siswa Sesko TNI ke Dumai dan berharap berjalan lancar serta memperoleh pengetahuan atau hasil memuaskan di lapangan.

Pemaparan singkat wali kota menyampaikan tentang perbatasan dekat dengan Malaysia dan Singapura, kemudian kondisi pembangunan serta perdagangan daerah yang banyak diminati investor karena potensi pelabuhan.

"Sektor jasa industri dan perdagangan unggul di Dumai adalah ekspor minyak kelapa sawit ke berbagai negara, ditambah tinggi minat investasi karena geografis strategis dan kedalaman laut untuk pelayaran," jelas kepala daerah.

Ikut mendampingi Brigjen TNI Suherman adalah Kapuslitbang Strahan Balitbang Kementerian Pertahanan RI Laksamana Pertama TNI Agus Rustandi, sedangkan wali kota Dumai didamping jajaran, Dandim 0320, Lanal dan Polres. ***