Masuki Musim Tanam, TNI Dan Warga INHIL Gelar Tanam Jagung Serentak

id masuki musim, tanam tni, dan warga, inhil gelar, tanam jagung serentak

Masuki Musim Tanam, TNI Dan Warga INHIL Gelar Tanam Jagung Serentak

Inhil (Antarariau.com) - Jajaran TNI di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Provinsi Riau beserta masyarakat setempat mulai melakukan penanaman jagung memasuki musim tanam di wilayah tersebut tahun ini.

"Kami melakukan penanaman jagung serentak tahun ini," kata Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi P, di Inhil, Kamis.

Menurut dia, musim tanam jagung telah tiba, mengingat siklus penghujan sudah di depan mata, sehingga diperkirakan dalam beberapa bulan ke depan para petani sudah bisa panen jagung.

Tanam jagung serentak ini melibatkan jajaran Dandim 0314/Inhil, Badan Penyuluhan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) serta masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Makmur di Desa Pulau Kecil, Pulau Kijang Kecamatan Reteh.

"Tujuan melaksanakan tanam jagung serentak, pemerintah bertekad mengembangkan program padi jagung dan kedelai di tengah masyarakat Inhil untuk mencapai ketahanan pangan," kata Syahrul lagi.

Program Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung, dan kedelai (Pajale) adalah program nasional yang dicanangkan dan dikawal oleh TNI di seluruh Indonesia.

"Program ini sebagai upaya meningkatkan swasembada pangan," katanya lagi.

Diharapkan dengan Program Upsus Pajale ini, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, akan tumbuh kawasan pertanian baru dan jenis komoditas yang selama ini menjadi tanaman masyarakat, seperti padi, jagung, kedelai bisa meningkat produksinya sesuai potensi lahan yang dimiliki wilayah tersebut.

Tujuannya negara kita tidak lagi mengandalkan impor untuk kebutuhan dalam negeri.

Syahrul menambahkan bahwa Program Upsus Pajale yang dicanangkan oleh pemerintah pusat itu, bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan di Tanah Air, sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kesejahteran para petani khususnya bagi petani yang tinggal di wilayah binaannya.

"Program pemerintah ini bisa menjadi andalan masyarakat, karena bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok tambahan selain beras," katanya pula.

Ia menyatakan, saat ini Program Upsus Pajale di Inhil telah dilakukan penanaman, tinggal perawatannya saja oleh petani.

Karena itu, ia berharap agar petani memelihara dengan baik tanaman pertanian mereka, seperti menyiraminya mengingat saat ini kemarau dan selanjutnya menyiangi dan melakukan pemupukan.

"Kami berdoa petani di Kecamatan Reteh ini khususnya di Desa Pulai Kecil berhasil dengan tanaman pajale, karena akan menambah pendapatan petani," kata dia.

Kepala BP2KP Inhil Ir Kuswari kepada anggota Poktan Tani Makmur berharap agar mereka lebih serius dalam pengembangan program penanaman pajale.

"Kami memberikan apresiasi terhadap semangat Kelompok Tani Makmur dalam mengembangkan program pajale ini. Kami bersama TNI, PPL dan pihak UPT BP2KP siap mendampingi petani," katanya pula.