Masuki musim penghujan, BPBD Pekanbaru siagakan personel 24 jam

id Banjir, BPBD, Pekanbaru, siagakan, personil, 24, jam

Masuki musim penghujan, BPBD Pekanbaru siagakan personel 24 jam

Salah satu titik banjir di Kota Pekanbaru. (ANTARA/tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, siagakan personelnyaselama 24 jam guna mengantisipasi bencana di musim penghujan.

"Beberapa hari terakhir intensitas hujan tinggi kami waspadai sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru alami banjir hingga menggenangi pemukiman warga," kata Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan dia, personel BPBD akan bergerak jika ada laporan bencana banjir maupun bencana lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan.

"Kalau masyarakat menemukan kendala silahkan menyampaikan informasi melalui 112 atau call center BPBD 08117651464, nantinya langsung dilakukan penanggulangan oleh satgas kami yang bertugas 24 jam," katanya.

Dikatakan Zarman, jika ada laporan BPBD akan melakukan tindakan untuk mengungsikan masyarakat yang membutuhkan, menyalurkan bantuan dan mendirikan dapur umum. Namun sejauh ini ia belum ada menerima laporan bencana banjir yang harus ditanggulangi.

Selain penanggulangan bencana, pihaknya juga memberikan pembinaan terhadap masyarakat yang berada di daerah rawan bencana.

"Kita juga memberikan pembinaan terhadap masyarakat kelurahan tangguh bencana, yang mana daerah itu berpotensi terjadi bencana. Baik itu banjir, kebakaran lahan maupun yang lainnya," ungkapnya.

Dalam mencegah banjir, BPBD juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Pekanbaru untuk melakukan imbauan kepada masyarakat dan mengajak untuk bergotong royong.

"Guna melakukan finalisasi terhadap master plan drainase di Kota Pekanbaru bersama dinas terkait. Kemudian melakukan normalisasi sungai yang berpotensi naiknya air ke permukaan," katanya.

Sementara itu Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna mengatakan akhir pekan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini, Ahad (23/1/2022).

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna.

Ia mengatakan pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Bengkalis.

"Siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Rokan Hilir," katanya.

Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Dini hari potensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak," sebutnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Bengkalis pada pagi, sore atau malam hari," pungkasnya.