Seorang Pencuri Sarang Burung Walet Tewas Dihajar Massa

id seorang pencuri, sarang burung, walet tewas, dihajar massa

Seorang Pencuri Sarang Burung Walet Tewas Dihajar Massa

Pekanbaru (Antarariau.com)- Kepolisian Resor Rokan Hilir, Provinsi Riau, menyelidiki penyebab tewasnya seorang maling yang tewas akibat tertangkap tangan warga saat sedang mencuri sarang burung walet di Dusun Sungai Ular, Kecamatan Panipahan.

"Pelaku tewas saat dilarikan ke rumah sakit akibat luka robek pada bagian kepala," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa pagi.

Dia mengatakan, peristiwa yang menyebabkan nyawa pelaku berinisial H alias Endi itu terjadi setelah warga memergoki aksi pencurian sarang burung walet pada Senin (18/7).

Aksi pencurian itu dilakukan H bersama lima orang rekannya dengan tiga pelaku berhasil melarikan diri. Informasi yang dihimpun, aksi pencurian itu dilakukan di rumah si Kepala Dusun, Basri.

Guntur mengatakan, awalnya jajaran Polsek Panipahan, Rokan Hilir mendapat informasi akan adanya maling yang ditangkap massa.

Informasi tersebut kemudian ditindak lanjuti. Ketika berada di lokasi, polisi lantas sudah menemukan seorang pelaku yang merupakan rekan Endi dalam keadaan babak belur. Dia adalah Rd (28), seorang warga setempat yang mengaku melakukan aksi pencurian tersebut.

Tidak lama berselang, warga kembali menangkap seorang pelaku lainnya yang tidak lain adalah Endi. Namun, luka Endi cukup parah terutama pada bagian kepala sehingga nyawanya tidak tertolong saat dilarikan ke Puskesmas.

Polisi masih terus mendalami perkara tersebut termasuk memeriksa sejumlah saksi. Sementara itu, tiga pelaku lainnya yang telah diketahui identitasnya dalam pengejaran petugas.

Sarang burung walet merupakan salah satu komoditas unggulan yang bernilai ekonomi tinggi di wilayah pesisir Riau yang mencapai ratusan juta setiap kilogramnya.