Koperasi WBB di Rimba Melintang Rohil Sudah Simpan Rp3,2 Miliar

id koperasi wbb, di rimba, melintang rohil, sudah simpan, rp32 miliar

Koperasi WBB di Rimba Melintang Rohil Sudah Simpan Rp3,2 Miliar

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Koperasi Wanita Bunga Bangsa (WBB) di Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau selama 15 tahun berdiri sudah menyimpan Rp3,2 miliar.

"Dengan terbentuknya koperasi ini sudah banyak anak dari anggota koperasi meluluskan pendidikannya keperguruan tinggi. Mereka sangat terbantu dari sistem simpan pinjam dalam rangka meningkatkan produksi sawit untuk membeli pupuk," kata Ketua Koperasi WBB Rohil Fatonah, Minggu.

Ia mengatakan, sejak berdiri kopersi ini pihaknya selalu mengandalkan swadaya dari anggota sendiri hingga omset yang telah diraih mencapai Rp3,2 miliar.

Penghasilan tersebut berasal dari sistem bagi hasil atas keuntungan penjualan dari anggota koperasi melalui usaha kecil menengah.

Adapun produk yang dihasilkan untuk dijual diantaranya gula merah, rengginan, tapai, tempe dan telur asin.

"Selain itu mereka juga membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang. Kemudian hasil kerajinan ini ada yang dipasarkan ke seluruh kabupaten di Provinsi Riau, bahkan ada yang sampai ke Solo," jelasnya.

Dinas Koperasi dan UKM Rohil sangat mensupport koperasi yang aktif dan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahunnya.

"Koperasi Wanita Bunga Bangsa ini setiap tahun terus mendapatkan prestasi. Kita berharap koperasi lainnya juga demikian dan melaksanakan RAT," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Rohil Azwar.

Ia mengatakan, dari total 300 jumlah koperasi yang terdaftar di Kabupaten Rokan Hilir hanya 250 yang aktif.

"Dari jumlah itu hanya 100 yang melaksanakan RAT," kata Azwar. (Adv)