Pemkab Ajak Warga Gunakan Produk Dalam Negeri

id pemkab ajak, warga gunakan, produk dalam negeri

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengajak seluruh warga di daerah itu untuk menjadi konsumen cerdas dengan cara menggunakan produk dalam negeri.

“Sebagai warga negara yang baik, kita harus bangga dan senang menggunakan produk dalam negeri. Apalagi, kualitas produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar,” kata Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad saat peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Bengkalis, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini, pemberlakuan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi tantangan besar bagi bangsa Indonesia saat ini.

“Sebab barang-barang dan jasa dari negara Asean bebas masuk ke dalam negeri, meski produk luar tidak bisa dibendung, namun warga bisa mensiasati dengan selalu cinta dengan produk dalam negeri,” katanya.

Menurut dia, menjadi konsumen cerdas, warga dalam membeli produk harus sesuai dengan kebutuhan, bukan dilandasi kemauan atau nafsu, selain itu katanya warga harus melihat masa berlaku produk.

Sejauh ini, sejumlah produk rumah tangga maupun produk lain yang digunakan masyarakat telah sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

“Dengan demikian, masyarakat harus mendukung produk-produk yang dihasilkan oleh negeri sendiri. Kecintaan menggunakan produk dalam negeri, sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan bangsa ini, agar tetap bisa berdiri sejajar dengan negara-negara lain,” ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, wujud kecintaan terhadap produk dalam negeri diantaranya, warga harus jeli mengawasi setiap produk ilegal yang masuk ke dalam negeri Indonesia, terlebih, secara geografis Kabupaten Bengkalis berbatasan langsung dengan negeri jiran, sehingga rentan penyeludupan komoditi dari luar.

“Wujud kepedulian warga dalam mendukung produk dalam Negeri agar tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kuncinya di tangan kita semua,” katanya.

(ADV)