Anak SD Marak Ngelem di Bengkalis, Polres Lakukan Penyuluhan

id anak sd, marak ngelem, di bengkalis, polres lakukan penyuluhan

Anak SD Marak Ngelem di Bengkalis, Polres Lakukan Penyuluhan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Satuan Bimas Polres Bengkalis, Provinsi Riau lakukan penyuluhan rutin ke Sekolah Dasar (SD) untuk mengantisipasi maraknya kenakalan remaja di daerah itu.

KBO Sat Narkoba Polres Bengkalis IPTU Gunawan menyebutkan, bahwa saat ini Aksi kenakalan remaja banyak terjadi di kalangan anak-anak tingkat Sekolah Dasar yang dikhawatirkan akan semakin memburuk.

"Saat ini anak-anak ditingkat SD sudah marak terjadi dengan mengkosumsi Lem atau disebut dengan gam," kata IPTU Gunawan, di Bengkalis Minggu.

Menurut dia, dengan adanya penyuluhan rutin maka diharapkan bisa menanamkan sifat takut bagi siswa dan siswi tersebut agar tidak berani lagi mengkonsumsi lem atau gam yang berbahaya itu.

Dijelaskannya, efek ngelem akan menyerang susunan saraf di otak sehingga bisa menyebabkan kecanduan. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan otak sementara dalam jangka pendek risikonya adalah kematian mendadak.

“Efek samping yang dialami ketika ngelem biasanya adalah, rasa pusing, kehilangan keseimbangan tubuh, pergeseran otot, pengucapan kata-kata yang tidak jelas, kemunduran secara mental, halusinasi dan akhirnya, rasa kantuk yang dapat membawa si korban kepada kondisi koma dan gagal pernapasan,” katanya.

Ketika anak-anak itu sedang berada di bawah pengaruh dampak ngelem, mereka akan tidak sadarkan diri dan kematian pun dapat terjadi saat mereka melakukan hal-hal yang mustahil, seperti terbang atau lompat dari gedung-gedung tinggi atau berenang di air yang dalam.

Untuk itu ia berharap, dengan adanya kegiatan seperti sosialisasi dan penyuluhan rutin itu, para generasi penerus bisa terbebas dari bahaya narkoba yang bisa merusak masa depan.

Ia menjelaskan, Satuan Binmas Polres Bengkalis beserta sat Narkoba telah menggelar sosialisasi dan penyuluhan beberapa waktu lalu di Sekolah Dasar Negri 016 dan SDN 017 desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis.

"Terkait dengan bahaya narkoba serta kenakalan remaja ini kita akan terus lakukan penyuluhan rutin diberbagai tempat lainnya, seperti tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh ulama dan berbagai tokoh lainnya," katanya. *