Indragiri Hilir Akan gelar Operasi Katarak Gratis

id indragiri hilir, akan gelar, operasi katarak gratis

Indragiri Hilir Akan gelar Operasi Katarak Gratis

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemkab Indragiri Hilir, Provinsi Riau akan menggelar operasi katarak matur secara grtais pada 5-6 Desember.

"Para penderita katarak yang telah terdaftar di Diskes Kabupaten Inhil dan Puskesmas setempat diimbau, untuk melakukan pemeriksaan ulang katarak di RSUD Puri Husada (PH) Tembilahan sehari sebelum waktu pelaksanaan operasi atau tepatnya tanggal 4 Desember mendatang," kata Kasi Kesehatan Khusus Diskes Inhil Devi Natalia di Tembilahan, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini jumlah masyarakat atau pasien yang sudah mendaftar untuk mengikuti operasi katarak matur gratis sudah mencapai sekitar 200 orang, yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Inhil.

"Pendaftarannya masih kita buka," katanya.

Dia menjelaskan dari 200 pasien yang telah mendaftar di Diskes Kabupaten Inhil dan Puskesmas setempat tersebut, nantinya akan diperiksa ulang oleh tim dokter spesialis mata yang datang dari Jakarta.

Pemeriksaan ulang sebelum dilakukannya operasi ini, bertujuan untuk memastikan apakah penyakit katarak yang diderita oleh para pasien termasuk dalam kategori matur atau tidak.

"Jadi, dokterlah nantinya yang akan memutuskan apakah pasien ini dioperasi atau tidak," terangnya.

(adv)