Cara Mudah Mengatur Tagihan Kartu Kredit yang Tidak diajarkan di Sekolah Bisnis Manapun

id cara mudah, mengatur tagihan, kartu kredit, yang tidak, diajarkan di, sekolah bisnis manapun

Banyak orang yang tidak disiplin dalam menggunakan kartu kredit, kemudahan belanja, banyak diskon dan promo tanpa sadar bisa membuat orang terjebak hutang. Jika tak segera berbenah tagihan akan semakin menumpuk dalam balutan kemudahan transaksi pembayaran.

Untuk yang tidak disiplin surat tagihan datang terus-menerus bagaikan matahari yang terbit setiap pagi. Kenyataannya, kita menerima surat tagihan atas banyak hal, mulai dari tagihan air, listrik, telepon, kartu kredit, hingga dana pinjaman dengan segala kemudahan yang ditawarkan saat menggunakan namun terasa mencekam saat membayarnya.Ujung dari semua itu adalah terlambat bayar, denda menumpuk dan akhirnya gagal bayar.

Pernah dengar kasus utang tagihan kartu kredit ke bank yang gagal dilunasi lalu harus berakhir di pengadilan? Tidak hanya sekali pastinya. Bank, dalam banyak kasus besar tentu tak ingin dirugikan dalam laporan non performing loan mereka. Solusi terakhir adalah menyelesaikannya di jalur pengadilan.

Untuk menghindari hal tersebut, mari kita membicarakan tentang cara mudah untuk menjaga agar tagihan keluarga kita tetap terkendali dengan tips dari situs finansial cermati.com berikut :

Dapatkan Fitur Notifikasi Melalui email dan SMS

Hal ini untuk mengetahui bawa transaksi anda tetap dalam kontrol anda sekaligus mengurangi dampak pencurian kartu kredit kita. Beberapa bank seperti BCA sudah menyediakan fitur ini. Jika anda memiliki kartu kredit BCA tidak ada salahnya mengaktifkan fitur notifikasi kartu kredit lewat sms.

Tertib Administrasi Pengeluaran dan Pencatatan Tagihan Kartu Kredit

Tertib dalam melakukan pencatatan semua pengeluaran kartu kredit selama sebulan baik untuk membeli bensin, belanja bulanan, atau belanja senang-senang, buat catatan atas pengeluaran tersebut dalam secarik kertas dan smartphone. Saat ini banyak fasilitas teknologi yang ditawarkan misalnya bisa pakai Google Keep, Evernotes, atau Notes. Banyak masalah yang muncul dan tidak disadari saat Anda masih memiliki tunggakan tagihan dari bulan lalu, yang kalau ditambah dengan pengeluaran di bulan berikutnya, maka tagihan akan terus menumpuk. Tentu Anda paham soal bunga berbunga dari utang kartu kredit, toh.

Pengeluaran Bulan Sebelumnya jadi Batas Plafon Pengeluaran Bulan ini

Saat anda berhemat prinsip ini harus dipakai. Jangan sampai pengeluaran bulan ini lebih besar dari sebelumnya jika pendapatan anda juga tidak bertambah. Lakukan pencatatan pengeluaran secara tertib misalnya bulan depan harus bisa lebih ngirit, jadi gak boleh ngelebihin tagihan sebelumnya.

Catatan ini juga penting untuk berhemat karena bisa dipakai buat perbandingin harga barang/jasa yang dibayar sebelumnya dengan harga yang akan dibayar bulan sekarang. Anda bisa kreatif mencari harga yang lebih murah di beberapa tempat yang berbeda atau bisa cari solusi misalnya cari barang lain yang sejenis tapi lebih murah.

Atur Pengeluaran, Jangan Melebihi Limit Kartu

Over limit kartu akan dikenai biaya oleh karena itu atur pengeluaran dan tetapkan batas penggunaan kartu kredit di bawah limit yang ditentukan bank. Ambil contoh limit kartu anda Rp 8 juta, maka pemakain kartu maksimal Rp 7 juta, atau idealnya sepertiga saja dari plafon maksimal misalnya Rp. 2,5 juta cukuplah buat belanja. Untuk memudahkan anda bisa jga bikin poin-poin buat bayar apa aja kartu kredit itu. Misalnya buat bayar tagihan listrik, telepon, Internet, TV kabel, belanja, dan lain-lain.

Punya Kartu Lebih dari Satu? Ambil Manfaatnya dan jangan sampai over budget

Memiliki kartu lebih satu bukan hanya sekedar untuk gagah-gagahan namun semakin banyak kartu kredit memang makin banyak manfaat yang didapat. Anda mesti paham paket diskon masing-masing kartu dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pengaturan yang lihai supaya pemanfaatan kartu tetap aman, Jangan sampai minimal payment, jika tak memungkinkan banyak karyu sebaiknya kartu kredit satu tapi tagihan lunas terus tiap bulan.

Lupakan cicilan baru sebelum cicilan lama lunas

Tahan keinginan anda untuk membeli produk baru. Daripada mengambil cicilan baru, sebaiknya anda menabung buat membeli barang yang jadi incaran. Jika tak terkontrol ambil cicilan malah susah melunasinya, sehingga cobalah untuk prihatin dulu tapi bebas dari ancaman utang. Misalnya ada cicilan mobil yang lunas 3 bulan lagi, sementara kredit Apple iPhone terbaru sangat menggoda. Sekali lagi tahan keinginan tersebut, daripada berat dalam angsuran 3 bulan karena harus bayar 2 cicilan sekaligus. Sabar 3 bulan lagi seharusnya tak masalah, toh iPhone itu tetap produk terbaru. Gak mungkin Apple rilis 2 produk terbaru dalam rentang waktu 3 bulan kan? Program cicilan kartu kredit barang elektronik juga banyak tersedia di situs-situs e-commerce kenamaan sepanjang tahun.

Yakin dan Tertib, Tagihan Harus Lunas Tiap Bulan

Saat akan membeli produk dengan kartu kredit yakinlah dengan kemampuan finansial untuk melunasi tagihan kartu kredit tepat waktu saat jatuh tempo. Jika tidak yakin atau dipaksakan yakin, lebih baik tidak bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Lakukan cek tagihan sebelum membayarnya untuk kebenaran transaksi dan review pengeluaran

Kalau udah punya catatan transaksi, bakal lebih gampang untuk mencocokkan besar tagihan dan transaksi yang kita lakukan sebelumnya. Dalam poin inilah catatan pengeluaran di poin pertama di atas sangat berguna.

Pintarlah dalam Mengatur cash Flow

Seringkali orang menganggap bahwa naik gaji berarti bisa naik pula pengeluaran sebulan. Ini keliru dan bikin orang susah lebih kaya dari sebelumnya. Rumus pendapatan naik kalau pengeluaran juga naik hasilnya sama saj alias tidak nambah sejahtera. Kalau dua-duanya sama naik, gak ngefek itu kenaikan gaji. Seharusnya pengeluaran ditekan sama seperti sebelum naik gaji, biar selisih penghasilan yang baru bisa ditabung atau diinvestasikan sehingga anda bisa lebih sejahtera.

Mau Aman? Bayar saja tagihan via autodebet

Hal ini untuk menghindari terlambat bayar dan berakibat muncul tunggakan. Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk bikin rekening di bank yang nerbitin kartu kredit itu dan mengontrol saldo rekening agar cukup untuk autodebet tagihan bulanan anda.

Bagaimana dengan Pengaturan Tagihan Kartu Kredit Anda? Sudahkah anda memiliki perencanaan yang tepat? Ingat, pengaturan hutang merupakan salah satu materi penting dalam membuat perencanaan keuangan yang sering kali gagal dipraktekkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.