Hamas "Blas" Serang Tanaman Padi Langkat

id , hamas blas, serang tanaman, padi langkat

  Hamas "Blas" Serang Tanaman Padi Langkat

Langkat, Sumut, (Antarariau.com) - Hama "blas" menyerang tanaman padi milik petani di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terutama di Kecamatan Kuala, Sei Bingei, Sirapit, Selesai, dan Tanjungpura.

Kordinator Pengamat Hama Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Langkat Miswandi, di Stabat, Langkat, Senin, mengatakan, jumlah lahan yang tersernag hama blas tersebut mencapai 18,5 hektare dengan intensitas ringan dan sedang.

Serangan hama tersebut paling banyak melanda lahan di Kecamatan Tanjungpura yakni 8,5 hektare, disusul Sei Bingei lima hektare, dan Sirapit dua hektare, dan sisanya di kecamatan lain.

Untuk menyelamatkan tanaman milik petani, pihaknya telah melakukan upaya penyelamatan di lapangan melalu bimbingan petugas penyuluh pertanian.

Selain hama blas, lahan pertanian di Langkat juga mendapatkan serangan hama putih palsu seluas 8,8 hektare yang banyak terjadi di Kecamatan Sri Bingei yakni enam hektare.

Sedangkan hama lain yang menyerang tanaman padi petani di Langkat adalah tikus 1,5 hektare, penggerek batang 1,5 hektare, cescospora 0,8 hektare, dan kepinding tanah 0,5 hektare.

"Demikian juga dengan ulat grayak menyerang tanaman kedelai petani di Kecamatan Hinai, termasuk pengulung daun dan ulat jengkal di Kecamatan Selesai," katanya.

Menurut dia, petani yang dibantu petugas penyuluh pertanian di lapangan sudah melakukan berbagai upaya untuk penyelamatan tanaman tersebut seperti penggunaan pestisida jenis Prephaton 50 SC, Decis, Edaikasi tanaman serang, dan nordox.
Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar