Laba Usaha Ekonomi Desa Bengkalis Rp213,4 Juta

id laba usaha, ekonomi desa, bengkalis rp2134 juta

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam Awang Mahmuda Mandiri di Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis pada thaun 2014 berhasil meraup laba sebesar Rp213,4 lebih.

"Laba sebesar itu dikembalikan lagi pada masyarakat melalui berbagai kegiatan," kata Ketua UED SP AMM Sungai Alam, Sugihartono di Bengkalis, Selasa.

Menurut Sugihartono, dari laba yang dipeorleh itu, diantaranya Rp65 juta dikembalikan dalam bentuk hadiah kepada peminjam UED SP dan masyarakat setempat.

Sedangkan bentuk kegiatannya dikemas dalam bentuk jalan santai berhadiah mesin cuci yang digelar Sabtu (21/3). Sisanya dikembalikan melalui pembagian hadiah kepada masyarakat dalam Musyawarah Pertanggungjawaban tahunan.

"Selain kepada pemanfaat, laba hasil usaha tersebut, imbuh Sugihartono, juga dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk bantuan sosial. ¿Seperti bantuan untuk rumah ibadah dan penyelenggaraan jenazah," katanya.

Sugihartono mengatakan, kegiatan UED SP ini sangat bermanfaat sekaligus mengembangkan usaha ekonomi produktif dan meningkatkan semangat kewirausahaan, bagi warga Sungai Alam dan Kuala Alam. Sesuai harapan masyarakat, ke depan program ini dilanjutkan.

Bupati Bengkalis Herliyan Saleh mengatakan UED SP AMM ini merupakan salah satu UED SP terbaik di kabupaten berjuluk negeri Junjungan ini. Tahun 2014 lalu UED SP ini menduduki peringkat V terbaik. Sedangkan pada tahun 2015, sementara di peringkat II dengan tunggakan hanya sebesar 3 persen.

"Saya katakan sementara, karena penilaian akhir baru dilaksanakan Juni 2015. Oleh karena itu pertahankan keberhasilan ini dan terus kembangkan berbagai kegiatan usaha yang dapat semakin meningkatkan perekonomian warga di Sungai Alam dan Kuala Alam ini," kata Herliyan.

Ia menambahkan, UED SP dibantu melalui kucuran dana sebesar Rp1 miliar per tahun dan seluruh warga kedua desa itu, kini tidak lagi kesulitan mendapatkan modal usaha, tetapi juga dapat membantu berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan secara swadaya.