Masyarakat Sambut Positif Atas Bantuan Ternak Sapi

id masyarakat sambut, positif atas, bantuan ternak sapi

Masyarakat Sambut Positif Atas Bantuan Ternak Sapi

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau sangat menyambut positif adanya bantuan ternak sapi dari pemerintah setempat guna membantu peningkatan ekonomi warga.

"Melalui APBD Kuansing tahun 2015, Pemkab Kuansing telah menganggarkan sebanyak 22 ekor sapi," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kuantan Singingi H Masri AS di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, selama ini banyak warga berkeinginan untuk mengembangkan ternak sapi, usulan dari kelompok tani, warga sangat banyak agar pemerintah merealisasikan bantuan ternak tahun 2015.

Sesuai dengan keterbatasan anggaran, pada tahun 2015 pemerintah daerah hanya bisa merealisasikan puluhan ternak sapi untuk dikembangkan, namun demikian jika program ini berhasil maka ke depannya akan di berikan bantuan tambahan.

" Kami berharap semua warga dapat memeliharanya dengan baik dan dapat berkembang," katanya.

Menurutnya, instansi terkait sangat merespons usaha yang dilakukan masyarakat Kuansing dalam bidang peternakan, baik peternakan ayam, itik (unggas), sapi maupun kerbau, perhatian pemerintah terkait itu sangat tinggi.

"Satu kelompok tani peternakan yang bakal menerima bantuan ternak sapi dari Disnak Kuansing, memang belum diketahui dan hanya tergantung dari hasil proses dan setelah di proses maka akan dilakukan verifikasi atau survei ke lapangan," ujarnya.

Permintaan melalui proposal yang masuk sangat tinggi setiap tahunnya, akan tetapi minimnya anggaran yang diperoleh maka harus bersabar menunggu giliran, bahkan Disnak Kuansing terus berupaya dan untuk mengatasi tingginya permintaan para petani ternak tersebut dan tetap mencari berbagai terobosan-terobosan dana, baik melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN Pusat.

"Disnak setempat telah mencoba mengusulkan melalui Musrenbang baik Musrenbang Kabupaten, Provinsi Riau dan bahkan APBN, akan tetapi yang diakomodasi hanya sekitar 22 ekor pada APBD setempat," terangnya.