Luas Lahan Kritis Kuantan Singingi 8.340 Hektare

id luas lahan, kritis kuantan, singingi 8340 hektare

Luas Lahan Kritis Kuantan Singingi 8.340 Hektare

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau masih memiliki luas lahan kritis mencapai 8.340 hektare, dan hingga tahun 2014 baru 5.048 hektare yang dapat difungsikan sisanya mencapai 3.292 hektare belum bisa dimanfaatkan.

Luas lahan kritis berada di seluruh kecamatan se kabupaten hingga saat ini rawan dan salah satu faktor penyebab banjir, longsor dan abrasi hingga masih menjadi polemik besar bagi kehidupan masyarakat.

"Kami terus meningkatkan fungsi lahan kritis tersebut, hanya saja karena keterbatasan dana maka pengelolaannya secara bertahap," kata Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singingi H Aswan melalui Kabid Irigasi Erwan di Teluk Kuantan, Minggu.

Ia mengatakan, kondisi anggaran pendapatan belanja daerah yang masih kecil menyebabkan pengelolaan lahan kritis masih bertahap , selama ini berharap banyak adanya kucuran dana dari provinsi dan pusat agar persoalan lahan kritis di daerah bisa teratasi dengan cepat.

Lahan kritis rata-rata berada di wilayah aliran sungai, ada juga di areal objek wisata yang bakal mengancam abrasi hingga mempengaruhi areal yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Untuk mengelola lahan kritis diperkirakan menghabiskan dana mencapai Rp7,5 miliar setiap tahun, jika dana tersebut diberikan oleh pusat maka ke depan lahan kritis bisa teratasi dengan baik," ujarnya.

Menurutnya, 27 desa yang menjadi prioritas pengelolaan lahan kritis yang tersebar di tujuh kecamatan, tahun 2015 pemerintah daerah tetap menjadikan program ini menjadi program unggulan, jika kucuran dana pusat dan provinsi ke daerah kecil maka akan menyedot APBD tingkat II Kuantan Singingi.

"Harapan Pemerintah daerah Kuasning sangat tinggi terhadap perhatian pusat," katanya.