Ini Arahan Wagub Riau Saat Anggota DPRD Pekanbaru Dilantik

id ini arahan, wagub riau, saat anggota, dprd pekanbaru dilantik

Ini Arahan Wagub Riau Saat Anggota DPRD Pekanbaru Dilantik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengarahkan anggota DPRD periode 2014-2019 Kota Pekanbaru yang baru dilantik untuk membangun sinergisitas atau menjalin kerja sama yang baik bersama pemerintah daerah untuk mewujudkan visi dan misi.

"Koordisasi yang baik menjadi modal pertama untuk melangkah lebih maju dalam menggapai niat membangun daerah sesuai visi untuk terwujudnya Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani," katanya saat pelantikan DPRD Kota Pekanbaru yang baru di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, DPRD yang baru dilantik harus secepatnya beradaptasi serta bersegera menjalankan tugas karena lembaga tersebut menjadi salah satu elemen penting dalam menetapkan kebijakan pemerintah daerah.

Dia berharap, legislator yang baru terpilih di "kota bertuah" itu dapat mengoptimalkan kinerja sesuai tiga fungsinya sebagai legislasi, penganggaran dan pengawasan terhadap kebijakan daerah.

"Para legislator adalah orang-orang pilihan dari rakyat dan sepatutnya dapat melaksanakan tugas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Dia menambahkan, para legislator di DPRD juga dituntut untuk memahami berbagai undang-undang dan peraturan negara sehingga setiap kebijakan di daerahnya tidak menyimpang dengan ketetapan secara nasional serta lebih menyentuh kepada masyarakat.

"Berkat kegigihan bersama diharapkan kemajuan Kota Pekanbaru dapat sejajar seperti lainnya yang ada di tanah air Indonesia," katanya.

Secara umum, Arsyadjuliandi Rachman mengakui bahwa saat ini Provinsi Riau termasuk Pekanbaru sendiri butuh perhatian di berbagai bidang karena dinilai masih kekurangan infrastruktur serta sumber daya manusia.

Namun begitu, Pemerintah setempat akan terus berupaya memaksimalkan potensi yang ada sehingga pembangunan tumbuh lebih baik.

Sebelumnya, Wagub juga menyebutkan, dalam rancangan APBD 2015 Pemerintah Riau mengalokasikan Rp6,74 triliun atau setara dengan 62,9 persen dari total APBD Riau 2015 senilai Rp10,7 triliun untuk pengembangan infrastruktur.

Selain berencana akan mengembangkan jalan dan jembatan sepanjang 1.691,62 kilometer, Pemprov Riau juga mengalokasikan untuk peningkatan penyediaan air bersih, rumah layak huni, dan peningkatan rasio elektrifikasi.

Anggota DPRD kota Pekanbaru yang baru sebanyak 45 orang dan telah dilantik serta diambil sumpahnya yang dilaksanakan langsung di gedung DPRD setempat.

Sesuai dengan keputusan Gubernur Riau, saat ini DPRD Pekanbaru dipimpin sementara sebelum terbentuk yang defenitif oleh Roni Amriel dari Partai Golkar sebagai partai pemenang Pemilu dan diwakili Sigit Yuwono dari Partai Demokrat yang merupakan perolehan suara terbanyak ke dua.(Advertorial)