Pemkab Inhu Sampaikan RAPBD-P 2014 ke DPRD

id pemkab inhu, sampaikan rapbd-p, 2014 ke dprd

Pemkab Inhu Sampaikan RAPBD-P 2014 ke DPRD

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Angaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) tahun 2014 pada sidang Paripurna DPRD setempat, Jumat.

"Pada RAPBD-P 2014 ini, pendapatan ditetapkan sebesar Rp1,4 triliun lebih, jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding APBD murni senilai Rp1,2 triliun," kata Bupati Indragiri Hulu, H Yopi Arianto di Rengat, Jumat.

Sebelumnya, sidang paripurna sempat tertunda akibat jumlah anggota DPRD yang hadir tidak kuorum dan saat itu hanya dihadiri Wakil Bupati Indargiri Hilir, H Harman Harmaini.

Sidang paripurna dapat dilanjutkan kembali pada Jumat sore dan dihadiri oleh Bupati Indragiri Hulu, H Yopi Arianto didampingi sejumlah pejabat pemerintah setempat.

Sidang paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Indragiri Hulu, Ahmad Arif Ramli didampingi Wakil Ketua Arwan Citra Jaya dan dihadiri 26 anggota DPRD setempat.

Sebelumnya DPRD dan Pemkab Indragiri Hulu telah menyepakati dan menyetujui Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan 2014.

"Pada RAPBD-P 2014 ini, pendapatan ditetapkan sebesar Rp1,4 triliun lebih, jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding APBD murni senilai Rp1,2 triliun," kata Bupati Indragiri Hulu.

Ia mengatakan peningkatan pendapatan tersebut terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) dari Rp47 miliar menjadi Rp62 miliar, dana perimbangan dari Rp1,1 triliun lebih menjadi Rp1,2 triliun dan lain-lain pendapatan yang sah dari Rp110 miliar menjadi Rp193 miliar atau bertambah sebesar Rp82 miliar lebih.

Sedangkan belanja daerah pada RAPBD-P 2014 itu bertambah dari Rp1,7 triliun menjadi Rp1,9 triliun dengan rincian Belanja Tidak Langsung (BTL) senilai Rp708 miliar dan Belanja Langsung (BL) senilai Rp1,2 triliun.

"Dengan demikian total RAPBD-P tahun 2014 mencapai Rp1,9 triliun," sebutnya.

Bupati berharap dengan peningkatan anggaran yang ada maka sejumlah kegiatan dapat direalisasikan dengan baik tahun 2014, sehingga dalam beberapa tahun ke depan Indragiri Hulu akan semakin maju dan kesejahteraan masyarakat meningkat.