PT RAPP di Kuansing Fasilitasi Pembentukan Koperasi Simpan Pinjam

id pt rapp, di kuansing, fasilitasi pembentukan, koperasi simpan pinjam

PT RAPP di Kuansing Fasilitasi Pembentukan Koperasi Simpan Pinjam

Rengat, (Antarariau.com) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) area Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, memfasilitasi Rapat Pembentukan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) untuk mitra binaan agar lebih maju dan berkembang.

"Kegiatan selama dua hari INI dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Benai bertujuan untuk meningkatkan kapasitas koperasi mitra binaan yang berada di lingkup Kelompok Tani Cahaya Subur Desa Benai Kecil," kata Estate Manager RAPP untuk wilayah Cerenti Rudianto di Taluk, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan itu juga dalam rangka meningkatkan status unit simpan-pinjam menjadi Koperasi Simpan Pinjam mitra binaan RAPP. Selain itu juga sebagai wujud kepedulian sosial pihak perusahaan yang beraktivitas di wilayah tersebut.

Pembentukan KSP ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan pola pikir masyarakat. Pihak perusahaan juga meminta pemerintah daerah khususnya dinas terkait agar dapat memberikan masukan dan arahan bagi pengembangan KSP yang terbentuk.

"Kami berharap semua koperari yang menjadi binaan perusahaan akan semakin maju melalui usaha ini," kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili oleh Kabid Pembinaan Hendri Marham memberikan apresiasi tinggi kepada perusahaan atas penyelenggaraan kegiatan itu.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian RAPP dalam mendampingi dan membina masyarakat terutama pemberdayaan masyarakat melalui koperasi simpan pinjam," ujarnya.

Dikatakannya, koperasi dibentuk hendaknya dapat betul-betul dibina dan dapat menjadi koperasi percontohan untuk yang lainnya. Sementara masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan berharga itu untuk meningkatkan ekonomi dan usaha anggota koperasi.

Kelompok Tani Cahaya Subur Desa Benai Kecil telah menjadi Binaan RAPP dan menjalankan Program Unit Simpan Pinjam sejak 2007. Hingga kini, terdaftar sebanyak 21 anggota aktif dan telah mampu melayani anggota dengan pinjaman sebesar Rp5 juta per anggota.

RAPP Estate Cerenti juga telah membina Koperasi Serba Usaha Kuantan Madani, yang merupakan mitra kerja di operasional di Benai. Koperasi tersebut beranggota 24 orang anggota aktif dan bergerak di transportasi material.