Segera bersiap, pendaftaran CPNS dan PPPK di Meranti diperkirakan bulan depan

id Kepala BKPSDM Meranti ,Pembukaan CPNS di Meranti ,Pembukaan PPPK di Meranti,CPNS dan PPPK di Meranti

Segera bersiap, pendaftaran CPNS dan PPPK di Meranti diperkirakan bulan depan

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Meranti, Bakharuddin MPd. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Kepulauan Meranti diperkirakan akan dibuka pada Mei 2024 mendatang.

"Insya Allah diperkirakan bulan Mei dibuka pendaftarannya. Entah dimulai awal bulan atau di pertengahan bulan, itu masih ditentukan," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Meranti, Bakharuddin MPd, Jumat.

Kata Bakharuddin, saat ini masih dilakukan proses penginputan formasi dan akan selesai pada akhir April nanti. Pihaknya mengusulkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI sebanyak 600 formasi, diantaranya meliputi CPNS sebanyak 275 dan PPPK 325.

"Setelah penginputan formasi ini, nanti divalidasi oleh BKN untuk mengecek jika seandainya ada yang perlu diperbaiki lagi. Kemungkinan besar (usulan jumlah formasi) itu dikabulkan semua," jelas Bakharuddin.

Ia menuturkan, seleksi CPNS akan diumumkan secara nasional dan formasinya disediakan di dalam struktur semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Hanya saja kalau untuk formasi khusus guru itu tidak ada di CPNS, tetapi dialihkan semua ke PPPK. Dan itu sudah sesuai ketetapan dari BKN," sebut Bakharuddin.

Sedangkan PPPK diprioritaskan untuk tenaga honorer di Pemkab Kepulauan Meranti yang disesuaikan dengan formasi yang disediakan. Namun secara detailnya, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pusat untuk pelaksanaannya.

"PPPK ini formasinya tidak banyak. Gambarannya itu hanya guru, tenaga teknis dan tenaga kesehatan. Mereka nanti tetap mendaftar di link pendaftaran di SSCASN dan mengikuti tes ujian seperti biasa yang dilaksanakan pada seleksi sebelumnya," sebutnya.