Lebaran ayi ayo onam masih tetap lestari di Kampar

id Pemerintah PRovinsi Riau

Lebaran ayi ayo onam masih tetap lestari di Kampar

Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto didampingi Pj Bupati Kampar Hambali saat mengikuti makan bajambau sebagai rangkaian tradisi perayaan ayi ayo onam di Kampar, Rabu (17/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemerintah Provinsi Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto mengatakan Kabupaten Kampar merupakan daerah Serambi Makkah di Riau yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi Islami yang melekat dalam kehidupan masyarakat seperti perayaan ayiayo onam yang masih terus lestari hingga kini.

"Karena itu masyarakat Kampar Riau harus merawat tradisi turun menurun itu agar tetap lestari setiap tahun yang rutin digelar pada Bulan Syawal agar tali silaturahmi antara Muslimin daerah itu tetap terjaga," kata SF Hariyanto di Kampar, Rabu.

Ia mengatakan penerapan ajaran Islami di Kampar dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat daerah itu ditandai dengan dalam aktivitas sehari hari mereka dan diantaranya adalah Hari Raya Enam setiap tujuh Syawal sebagai sarana silaturahmi antarsesama warga dan perantau yang kembali berkunjung ke kampung halaman mereka.

Atas nama pemerintah Provinsi Riau, kata SF Hariyanto lagi, tentu sangat mendukung dan mengapresiasi perayaan ayiayo onam ini.

"Ayiayo onam merupakan kearifan lokal, adat istiadat dan tradisi warisan leluhur sesuai ajaran Islam dan perayaan hari raya enam ini harus sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW, seperti memberikan doa kepada yang meninggal dunia dan ziarah kubur," katanya.

Selain itu menurut SF Hariyanto, tradisi yang menjadi warisan turun menurun ini sangat potensial menjadi wisata religi.

"Saya minta Pak Bupati dalam agenda ziarah kubur tolong rapikan dan renovasi kuburan dengan model yang seragam guna mempertahankan kesan religi karena kuburan itu bukan tempat yang seram serta menakutkan lagi," katanya.

Saat pengunjung melaksanakan ziarah kubur, berikutnya Shalat Zuhur berjamaah dan melaksanakan makan bajambau. Pada makan bajambau, terdapat berbagai kuliner lokal yang disajikan oleh warga Desa Si Pungguk, Salo, Kabupaten Kampar.

Pj Bupati Kampar Hambali mengapresiasi Pj Gubri SF Hariyanto yang berada di tengah masyarakat sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap tradisi masyarakat Kampar.

"Terimakasih Pak SF Hariyanto telah datang merayakan bersama-sama tradisi ayi ayo onam di desa kami. Tradisi kami ini adalah suatu wadah perantau menjadi tujuan untuk pulang kampung dan berkumpul di Kampar," katanya.*