Security Apical Dumai gagalkan percobaan perompakan kapal tanker

id Apical Dumai,Perompak dumai, perompak

Security Apical Dumai gagalkan percobaan perompakan kapal tanker

Petugas mengamankan pelaku diduga perompak di perairan sekitar dermaga PT SDS Dumai, Minggu (24/3/24) kemarin. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Petugaspengamanan atau security PT Sari Dumai Sejati yang sedang berpatroli laut rutin di sekitar dermaga sekitar berhasil menggagalkan upaya percobaan perompakan dilakukan dua pelaku pada Minggu (24/3/24) sekitar pukul 05.00 WIB.

Dari informasi diterima, patroli laut ISPS Code Apical Dumai dipimpin Chief Security ini mulai bergerak dari dermaga PT Sari Dumai Oleo (SDO) menuju area perairan PT SDS.

Setiba di perairan PT SDS, regu patroli berpapasan dengan satu kapal pompong yang ditumpangi dua orang tidak dikenal, tepatnya di area buritan Kapal MT Sea Bazou dengan gelagat mencurigakan.

Terlihat dua orang di atas kapal pompong yang menempel di buritan kapal tanker sedang sandar di dermaga SDS ini ketakutan saat berpapasan dengan patroli petugas security Apical Dumai tersebut.

"Security kita melihat dua orang tidak dikenal di atas pompong itu membuang karung goni diduga hasil tindak kejahatan ke laut dan berusaha kabur dari kejaran patroli," kata Perwakilan Apical Dumai Kamero Bangun, Kamis.

Melihat aksi mencurigakan ini, salah seorang komandan regu security langsung berkoordinasi dengan BKO Polsek Sungai Sembilan Bripka Pol Dedi Anwar untuk meminta bantuan pengamanan di sekitar lokasi.

"Kami langsung mempertebal penjagaan di tepi perairan dan segera mengadakan pengepungan dari perairan, hingga akhirnya bisa diamankan dua orang perompak dan satu pompong milik tersangka," ungkap Kamero.

Dua pelaku diamankan atas nama Rano warga Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, dan Edi warga Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat, Bengkalis.

Dari pengakuan dua tersangka ini ada tiga rekan mereka yang lolos dari pengejaran, yaitu Anto warga Kelurahan Purnama, Agus pemilik kapal pompong dan Man warga Rempang Rupat.

"Patut kita syukuri prestasi dari petugas keamanan SDS bekerjasama dengan Polsek Sungai Sembilan dalam menggagalkan usaha pencurian ini. Andai saja kapal kapal asing tidak berani berlayar ke Dumai karena alasan keamanan, pasti akan merugikan kita semua," demikian Kamero Bangun.

Baca juga: Lanal Dumai gagalkan aksi perompak di Selat Malaka

Baca juga: Tujuh perompak di perairan Batam ini sial