PT RAPP bangun Pom Mini minyak goreng dan rumah sigap cegah stunting

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, RAPP

PT RAPP bangun Pom Mini minyak goreng dan rumah sigap cegah stunting

Bupati Pelalawan H Zukri bersama perwakilan PT RAPP saat menyerahkan bantuan minyak goreng secara simbolis kepada masyarakat. (ANTARA/HO-RAPP)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyerahkan bantuan Pom Mini Minyak Goreng kepada masyarakat sebagai upaya mendukung program penghapusan kemiskinan ekstrem di sekitar wilayah operasional perusahaan, Jumat (29/12/2023). Pada kesempatan ini juga dilakukan serah terima rumah Sigap (Siapkan Generasi Anak Berprestasi).

Penyerahan bantuan ini disaksikan langsung Bupati Pelalawan H Zukri, di Jalan Jambu, Pangkalan Kerinci Timur, Kabupaten Pelalawan.

Ada 15 unit Pom Mini yang disebar di sejumlah lokasi. Pom Mini akan dikelola oleh koperasi untuk membantu mensejahterakan masyarakat miskin.

Selain itu, RAPP juga menyerahkan bantuan 10.000 liter minyak goreng sebagai modal awal operasional Pom Mini tersebut.

Di kesempatan yang sama, juga dilakukan peresmian Rumah Sigap sebagai pusat pengasuhan dan stimulasi perkembangan anak di bawah tiga tahun (Batita).

Di Rumah Sigap ini tersedia berbagai layanan untuk mencegah prevalensi stunting dan meningkatkan kualitas pengembangan dan pendidikan anak usia dini.

Rumah Sigap difungsikan sebagai pusat layanan pengasuhan bersama keluarga Batita, menjadi media informasi dan ruang literasi dan wahana komunikasi dan edukasi, khususnya bidang pendidikan melalui stimulasi psikososial, kesehatan, dan gizi bagi keluarga Batita.

"Pom Mini yang kita terima ini adalah bantuan dari RAPP untuk warga miskin. Disebar di 15 lokasi yang modal awalnya berupa 10 ribu liter minyak goreng dari RAPP. Keuntungan minyak goreng dibagikan kepada masyarakat," jelas Bupati Zukri.

Terkait Rumah Sigap, Bupati berharap program ini benar-benar dapat menekan prevalensi stunting di Pelalawan. Hingga dapat mempersiapkan generasi emas yang berkualitas demi mewujudkan Pelalawan Maju.

"Di Rumah Sigap, anak-anak kita akan diberi nutrisi langsung, makanan bergizi dan ditimbang, demi mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia berkualitas di Pelalawan," harapnya.

Sementara itu, SHR Manager RAPP Mabrur mengatakan, serah terima bantuan RAPP berupa Pom Mini Minyak Goreng, disertai minyak goreng, dan Rumah Sigap adalah bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah.

"Hal ini sejalan dengan visi APRIL2030 pada pilar kemajuan inklusif, yakni penuntasan kemiskinan dan menurunkan angka prevalensi stunting," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Pelalawan telah mencanangkan zero stunting dan saat ini angka prevalensi stunting di Kabupaten Pelalawan sudah turun menjadi 11,2 persen atau berada di bawah angka nasional sebesar 21,6 persen.

APRIL2030 memiliki empat tujuan utama yang berfokus pada mewujudkan pembangunan berkelanjutan selama satu dekade. Salah satunya mendukung kemajuan inklusif dengan memberdayakan masyarakat. Salah satu tujuannya yaitu menghapus kemiskinan ekstrem di radius 50 kilometer dari area operasional APRIL dan penyediaan layanan kesehatan dasar, serta mendukung pengurangan angka stunting di Riau hingga 50 persen.