Ada 120 lakalantas di Bengkalis selama 2023, 24 tewas

id kasat lantas Bengkalis,polres Bengkalis,Laka Lantas,kabupaten Bengkalis

Ada 120 lakalantas di Bengkalis selama 2023, 24 tewas

Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Mulyana (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Mulyana menyebutkan bahwa pada 2023 tercatat sebanyak 120 kasus kecelakaan lalulintas (lakalantas) yang terjadi di wilayah hukum Polres Bengkalis.

"Kasus lakalantas ini naik dibandingkan dari tahun sebelumnya, tahun 2022 110 kasus sedangkan 2023 120 kasus," ujar AKP Mulyanadi Bengkalis, Minggu.

Dari 120 kasus tersebut, terdapat24 orang meninggal, 69 luka berat dan 109 mengalami luka ringan, dan ia berharap kedisiplinan dalam berlalu lintas,agar angka kecelakaan, pelanggaran dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

"Kami berharap kepada pengguna jalan untuk tetap mengedepankan kedisiplinan dan melengkapi surat-surat kendaraan, terutama untuk pengendara motor memakai helm," harapnya.

Untuk menekan angka Laka Lantas tersebut, pihaknya terus menggalakkan sosialisasi dalam upaya keselamatan dalam mengendarai kendaraan dan menghimbau masyarakat menjaga diri saat berkendara, mematuhi lalu lintas,menjaga keselamatan diri, dan tertib berlalu lintas.

"Sosialisasi ke sekolah-sekolah dan melalui media sosial terus kita lakukan dengan harapan masyarakat semakin memahami arti keselamatan dalam berlalu lintas," ungkapnya.

Dalam kegiatan Operasi Keselamatan ini, pihaknya mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif humanis dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas, termasuk melakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat agar tidak terjadi pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang petugas di lapangan.