Akses jalan Sumbar-Riau sudah bisa dilalui pascalongsor semalam

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, longsor

Akses jalan Sumbar-Riau sudah bisa dilalui pascalongsor semalam

Petugas gabungan membersihkan material longsor yang menimbun dan memutus akses Jalan Nasional Sumbar-Riau, Rabu (15/11) malam. Pada Kamis (16/11) jalan sudah bisa kembali dilewati. (ANTARA/HO-BPBD 50 Kota)

Jakarta (ANTARA) - Jalan nasional Sumatera Barat-Riau di Jorong Ulu Aia, Kecamatan Harau, yang sempat putus total pada Rabu (15/11) malam akibat tertimbun material longsor sudah bisa kembali dilewati kendaraan pada pagi ini.

"Pasca-longsor yang terjadi Rabu sekitar pukul 22.30 WIB, jalan nasional Sumbar-Riau sekarang sudah bisa kembali dilalui," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol, di Sarilamak, Kamis.

Meski telah dapat dilalui, Rahmadinol mengimbau agar pengendara tetap waspada mengingat cuaca di Kabupaten Limapuluh Kota masih sering diguyur hujan.

"Bagi pengendara yang melewati jalan nasional Sumbar-Riau untuk selalu waspada. Jika intensitas hujan tinggi kami sarankan untuk beristirahat terlebih dahulu di tempat pemberhentian yang nyaman dan aman, seperti rumah makan," katanya.

Ia mengatakan jalan nasional Sumbar-Riau di Kecamatan Pangkalan dan Harau, khususnya di Nagari Koto Alam, Harau, dan Manggilang, memang berpotensi rawan longsor.

"Kami tidak ingin adanya korban jiwa karena bencana longsor. Tetap hati-hati dan waspada selama berkendara," ujarnya.

Sebelumnya akibat tingginya intensitas hujan sejak pukul 19.00 WIB pada Rabu (15/11) mengakibatkan longsor di jalan nasional antara Sumbar-Riau, Jorong Ulu Aia Kecamatan Harau pukul 22.30 WIB pada KM 153.

Rahmadinol mengatakan dampak dari longsor tersebut menimbun bahu jalan dan akses jalan tertutup dan kondisi macet.

Baca juga: BPBD Bogor catat 497 bangunan rusak akibat bencana longsor-angin kencang

Baca juga: BPBD Pesisir Selatan bersihkan material longsor di jalan Painan-Kota Padang